Rabu 09 Jul 2014 13:22 WIB

Anak Tidak Suka Makan Sayur

Anak memakan sayuran.
Foto: topnews.net.nz
Anak memakan sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya tidak terlalu suka banyak macam jenis makanan, selama ini dia tidak mau makan berkuah seperti sayur, apakah hal ini tidak masalah dok?

Rinsy (34 tahun)

Jawaban:

 

‎Hai Bunda Risny, semoga ananda sehat dan lincah selalu. Kondisi anak yang mengalami kesulitan dan tampak melakukan pemilihan jenis makanan tertentu adalah hal yang kerap kali terjadi.

Dalam hal ini, sebaiknya orang tua dapat bersikap dan bertindak secara bijaksana dalam merespon hal tersebut, setidaknya ada beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kesulitan makan anak.

Berikan anak makan saat anak dalam keadaan lapar, dan anak tidak dalam keadaan lelah. Kemudian selain itu porsi disesuaikan dengan kebutuhan anak, porsi kecil tapi sering. Dapat pula ditambahkan dengan melakukan variasi menu agar anak tidak cepat bosan.

Disamping beberapa tips diatas, sebaiknya berikan makanan padat gizi dan berenergi tinggi bagi anak. Serta melakukan penyajian bahan makanan dengan penampilan yang menarik. Tentu kemandirian anak menjadi bagin terpenting sehingga biarkan anak belajar makan sendiri.

Terpenting didalam keluarga menciptakan suasana makan yang menyenangkan, biarkan anak makan sambil bermain dan jangan ada paksaan. Demikian yang dapat disampaikan, semoga Ananda segera dapat makan dengan baik dan lahap ya.

dr Yuni Kurnia, SpA

Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement