Selasa 08 Jul 2014 16:25 WIB

Bisakah Mengatasi Kebotakan dengan Akupuntur?

Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mengalami kebotakan, bagian tengah diatas kepala selalu rontok, apa benar akupuntur bisa menanganinya? Terima kasih.

Winda, 31 tahun, Bogor

Jawaban:

 

Salam sehat selalu untuk Mbak Winda, seperti apa yang ditanyakan, maka sebenarnya penyebab kerontokan rambut dapat terjadi sebagai akibat dari banyak penyebabnya. Selain faktor genetis, penyakit kulit kepala (ketombe, tinea capitis, dan lain-lain), stres dan diet berlebihan dapat mencetuskan kerontokan.

Disamping itu, pemakaian hair tonic maupun shampo saja terkadang tidak dapat menyelesaikan masalah kerontokan dan kebotakan. Oleh karena itu, akupunktur dapat membantu mengatasi masalah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru di sekitar kepala yang mengalami kebotakan.

Akupunktur dapat berfungsi dalam memperbaiki sirkulasi peredaran darah dan sistem pencernaan agar nutrisi dapat terserap baik dan menutrisi rambut seperti yang seharusnya, menyeimbangkan sistem hormon sehingga folikel dapat berfungsi optimal.

Terapi akupunktur dilakukan dalam kurun waktu 2 kali dalam seminggu, jumlah terapi yang diperlukan tergantung dari respon masing masing indvidu.. Demikian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat.

dr Sri Ardiyati, SpAK

Spesialis Akupunktur Medik di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement