Senin 07 Jul 2014 19:17 WIB

Hamil Muda Berpuasa

Wanita hamil.
Foto: Republika/Prayogi
Wanita hamil.

Diasuh oleh Prof dr Zubairi Djoerban

Spesialis penyakit dalam, konsultan hematologi dan onkologi medik

Assalamualaikum wr wb

Dok, saya sedang hamil muda. Bolehkah saat hamil muda berpuasa penuh di bulan Ramadahan? Apa saja yang harus saya perhatikan agar puasa saya tak mengganggu kesehatan kandungan saya?

Siti Zahra

Waalaikum salam wr wb

Puasa sewaktu hamil apakah diperbolehkan? Apakah akan mengganggu kesehatan bayi? Bagai mana bila hamil muda? Cukup banyak ibu hamil muda yang disertai gejala mual dan muntah. Tentu dalam hal ini, tidak dianjurkan puasa.

Bila hamil muda tanpa keluhan sama sekali, silahkan puasa dengan catatan bila kemudian timbul mual apalagi muntah, puasa harus dihentikan.

Sebetulnya, untuk menjawab lebih tepat per tanyaan Mbak Zahra diperlukan data yang lebih rinci. Misalnya, adakah mual dan muntah, adakah penyakit lain, bagaimana kondisi kesehatan saat ini. Lebih tepat bila Mbak Zahra memeriksakan diri ke dokter kandungan dan menanyakan status kesehatan bayi dalam kandungan dan ibunya.

Untuk kehamilan empat bulan ke atas, khususnya sampai hamil tujuh hingga delapan bulan, kondisi kesehatan ibu dan bayi biasanya baik sekali, telah melampaui masa adaptasi, silahkan puasa. Saran saya selalu harus makan sahur dan waktu sahur sebaiknya menjelang imsak. Jangan makan sahurnya jam satu atau jam dua pagi. Pilih makanan yang bergizi dan seimbang, cukup kalori dan protein serta lemak. Biasakanlah minum susu setiap hari.

Minum yang cukup, paling sedikit dua liter sehari. Sayur dan buah tentu diperlukan untuk menjaga kesehatan. Jadi konsumsi sayur dan buah, masing masing tiga kali sehari. Pilihan sayur dan buah terserah Anda. Sayuran sebaiknya jangan sayur mentah, tetapi yang sudah dimasak.

Manfaat puasa banyak sekali, untuk yang hamil apalagi yang tidak hamil. Sebagai pembanding, beberapa waktu yang lalu sudah dibahas. Berdasarkan hasil penelitian di RSCM, puasa tidak berbahaya untuk usia lanjut yang disertai tekanan darah tinggi ataupun diabetes, sakit maag, maupun setelah pulih pascastroke.

Silakan Mbak Zahra puasa, bila kondisi kesehatan Anda baik. Bila ragu ragu, tanyakan ke dokter kan dungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement