Jumat 16 May 2014 09:36 WIB

Dampak Kesehatan Berlari di Siang Hari

Untuk menghindari kanker kulit akibat sengatan matahari, berolahragalah sebelum matahari meninggi atau setelah matahari beranjak tenggelam.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Untuk menghindari kanker kulit akibat sengatan matahari, berolahragalah sebelum matahari meninggi atau setelah matahari beranjak tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering berlari untuk berolahraga dan terkadang hingga siang hari bila hari libur. Benar tidak sih sinar matahari bisa membuat kanker kulit?

Apa cirinya?

Karena saya lebih suka memakai baju olahraga yang terbuka.

Risman (28 tahun)

 

Jawaban :

‎Dear Risman, berolahraga lari memang suatu hobi yang membuat tubuh sehat dan bugar, tapi berlari di siang hari juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, karena paparan sinar matahari langsung. Di mana hal tersebut biasanya ditandai dengan munculnya perubahan dan kelainan kulit.

Seperti, tanda yang berupa bercak kecokelatan atau kehitaman yang makin jelas, kelainan seperti tahi lalat yang makin besar, gatal dan lain-lain. Kanker kulit yang disebabkan sinar matahari lebih sering muncul di daerah wajah, sehingga untuk menurunkan risiko terkena kanker kulit dapat dilakukan dengan cara menggunakan pelindung seperti topi maupun sunblock.

Perlu diketahui dengan pasti waktu berolahraga yang tepat, karena sinar matahari langsung dalam durasi yang panjang dapat pula menyebabkan terjadinya dehidrasi maupun heat stroke. Oleh karenanya, berolahragalah di saat matahari belum meninggi atau beranjak terbenam. Demikian Pak.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kesehatan Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement