Senin 28 Apr 2014 12:03 WIB

Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Berinvestasi

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Investasi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf
Investasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iming-iming keuntungan yang tinggi sering membuat orang terburu-buru berinvestasi. Namun investasi pertama sebaiknya dilakukan dengan penuh persiapan agar tak lantas merugi.

Perencana Keuangan Independent dari QM Finansial, Ligwina Hananto menyarankan beberapa hal yang harus disiapkan calon investor sebelum memulai investasi. "Ibaratnya rumah, investasi itu bagian-bagian atas, jadi pondasi di bawahnya harus kuat," katanya.

Berikut yang sebaiknya dipersiapkan investor :

1. Dana Darurat

Alokasi dana ini berguna jika terjadi hal-hal yang diluar rencana, misalnya kecelakaan atau kehilangan pekerjaan utama. Besarnya dana tergantung dari biaya hidup setiap bulan. Dana darurat yang dianjurkan minimal empat kali biaya hidup per bulan.

2. Proteksi

Asuransi yang dianjurkan yaitu asuransi murni yang bisa dibayar per tahun. Tidak disarankan membeli produk asuransi sekaligus investasi jika tujuannya mendapat return yang besar.

3. Bebas Utang

Tunda investasi jika Anda masih mempunyai utang konsumtif, seperti kartu kredit atau cicilan mobil. Dengan bebas utang, Anda akan lebih leluasa menjalankan investasi.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement