Ahad 27 Apr 2014 07:04 WIB

Kenapa Mudah Bersendawa

Minuman bersoda bisa memicu sendawa.
Foto: AP
Minuman bersoda bisa memicu sendawa.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kenapa ya saya sering sekali bersendawa? Saya juga sulit untuk menahan hal tersebut, hingga terkadang membuat saya menjadi malu, apa yang harus dilakukan ya dok?

Nuril (26 tahun)

Jawaban:

HaiNuril, apa yang dialami sebagai sendawa dalam dunia medis, dikenal dengan istilah aerophagia. Merupakan cara tubuh mengeluarkan kelebihan udara dari perut. Kelebihan udara ini bisa disebabkan oleh udara yang tertelan saat makan terlalu cepat, bicara saat makan, minuman berkarbonasi atau minum melalui sedotan.

 

Kondisi ini memang bukan merupakan penyakit, namun memang akan berdampak pada rasa peraya diri dalam lingkungan sosial. Meski demikian, indikasi sendawa itu dapat disebabkan pula oleh konsumsi obat-obatan tertentu seperti metformin atau sedang mengalami sedang cemas, serta dapat pula menjadi gejala dispepsia yang merupakan salah satu tanda penyakit maag

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi terjadinya gangguan sendawa tersebut, seperti diantaranya:

- Melakukan diet

Karena bersendawa disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong, lobak dan sebagainya. Penting untuk melakukan diet serta mengenali tipe makanan yang dapat mengurangi sendawa.

- Asupan udara

Kondisi udara yang tertelan melalui mulut, dapat merupakan salah satu penyebab sendawa. Termasuk diantaranya bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat, karena itu latih bertahap untuk tidak makan terburu-buru.

Jika gangguan Anda tidak sembuh juga, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Demikian, salam sehat.

Dr Selfiyanti B, SpTHT-KL

Spesialis Kesehatan THT di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement