Ahad 27 Apr 2014 07:30 WIB

Tips Sukses Menyusui

Ibu menyusui (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Ibu menyusui (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menyusui tak semudah yang dibayangkan. Memang betul, setiap ibu yang hamil kemudian melahirkan memiliki insting untuk menyusui anaknya.

Tetapi kenyataannya, menyusui tak semudah itu itu. Agar menyusui bisa menjadi proses ibu dan bayi yang menyenangkan, ibu perlu membekali diri dengan ilmu pengetahuan terutama tentang ASI.

Proses menyusui dengan posisi dan pelekatan efektif sehingga bayi dapat ASI secara efektif dan pengosongan payudara pun efektif sehingga dapat memicu produksi ASI juga perlu dipahami. Siapnya ilmu dapat membangkitkan percaya diri Bunda untuk memberi ASI bagi bayinya kelak. Bunda dapat mengikuti kelas ASI atau temui konselor laktasi terdekat.

Pastikan pula ibu melahirkan di fasilitas kesehatan yang menerapkan 10 Langkah Menuju Kesuksesan Menyusui. Langkah-langkah tersebut adalah Inisiasi Menyusu Dini, setelah tali pusat bayi diputus bayi langsung ditaruh di dada ibu untuk mengenali payudara dan cara menyusu.

 

Proses ini selain mempermudah bayi mendapat kolostrum juga membuat Bunda lebih rileks.

Rawat gabung, hal ini memudahkan Bunda untuk mengenali tanda bayi ingin menyusu dan Bunda dapat menyusui bayi sesering mungkin. Hisapan bayi yang sering di payudara akan merangsang produksi ASI.

Rangsang oksitosin dengan rileks dan yakin bisa, dengan ilmu yang sudah didapat, yakinlah Bunda dapat menyusui bayinya. Dengan rileks maka hormon oksitosin mudah keluar sehingga ASI pun mudah keluar.

Selain dengan rileks, oksitosin pun dapat dirangsang dengan pijat punggung atas, tarik ulir puting dan garuk halus areola (daerah hitam sekitar puting), mandi air hangat, hingga makan makanan favorit.

Suami, keluarga, sahabat, dan tenaga kesehatan juga harus mendukung proses menyusui dengan cara memberikan lingkungan positif bagi Bunda, sehingga Bunda nyaman dan yakin untuk menyusui bayinya.

Selamat menyusui,

Semoga membantu dan bermanfaat, terimakasih.

dr Gita Tiara Paramita

Konselor Laktasi-Klinik Anak ASI Sehat di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement