Selasa 22 Apr 2014 13:27 WIB

Sering Keputihan, Gejala Kanker Serviks?

Deteksi dini kanker serviks sebaiknya dilakukan tiga tahun berturut-turut.
Foto: Prayogi/Republika
Deteksi dini kanker serviks sebaiknya dilakukan tiga tahun berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering mengalami keputihan, dan kondisi ini disertai rasa gatal dan berbau. Saya khawatir soal kanker serviks dok, bagaimana ya?

Resti (28 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Ibu Resti, sebagaimana indikasi yang terjadi, hal itu bisa saja merupakan dugaan yang perlu diperiksa kembali melalui evaluasi fisik dan laboratorium. Kanker serviks menyerang organ reproduksi wanita dan menyebabkan kematian wanita didunia.

Penyebabnya adalah Human Pappiloma Virus (HPV) dan butuh waktu 10-20 tahun. Di samping itu, faktor umur dapat menjadi pengaruh atas peningkatan resiko dampak terkena kanker serviks. Karena itu memang kanker jenis ini sering tidak terdeteksi secara langsung ditahap awal.

Perlu dilakukan pemeriksaan melalui PapSmear serta disarankan untuk menjalankan vaksinasi. Perbaiki pola hidup yang menjaga kebersihan diri seperti bila hendak buang kecil di toilet umum, menggunakan pembalut yang bebas bahan dioksi, termasuk menjaga kebiasaan sehat seperi jauhi rokok, konsumsi sehat vitamin C, E maupun asam folat.

Sebaiknya dalam kasus ibu, bila kondisi keputihan terus seperti itu, masuk dalam kategori keputihan patologis, seperti jumlah banyak, berbau, menimbulkan gatal, apalagi bila secara terus menerus tentu dilakukan pemeriksaan kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk melakukan evaluasi.

Demikian, semoga dapat menerangkan ya bu, salam sehat.

dr Rina Fajarwati, SpOG

Spesialis Kebidanan Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement