Ahad 20 Apr 2014 09:04 WIB

Ciri-Ciri Lidah Sehat

.
Foto: healyourskinthebook.com
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, tanda lidah sehat itu warnanya apa ya? Soalnya warna lidah saya tertutup kerak putih, sudah disikat tetap saja menempel, kenapa ya dok?

Apa itu penyakit?

Terima kasih.Salam.

Dodi (26 tahun)

Jawaban:

‎Salam kenal Pak Dodi, untuk lidah yang sehat tentunya berwarna merah muda, namun sehatnya lidah tidak bisa dilihat dari warnanya saja. Dalam hal ini, perlu pemeriksaan lanjutan yang bisa diperiksakan kepada dokter gigi Spesialis Penyakit Mulut atau dikenal sebagai oral medicine.

Kemungkinan yang Bapak alami pada lidah adalah adanya jamur.Penyebabnya bisa disebabkan karena tidak bersihnya lidah, oleh karena

itu sekarang di pasaran tidak hanya sikat gigi saja yang dijual namun juga sikat khusus untuk lidah pula.

Jamur yang terjadi dimulut dikenal dalam istilah candida Albicans, berwarna putih dan bisa menumpuk dalam bentuk seperti kerak di lidah. Di mana jamur ini dapat timbul didaerah yang lembab dan hangat termasuk dalam rongga mulut dan lidah.

Jika pembersihan permukaan lidah sudah dilakukan dan sulit untuk dibersihkan, maka diperlukan penanganan lebih lanjut. Termasuk

memastikan apakah yang terdapat pada lidah tersebut merupakan jamur atau kondisi lain serupa infeksi atau radang.

Disarankan bagi Pak Dodi untuk berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut. Semoga jawaban saya dapat memberikan informasi yg dibutuhkan. Lekas sembuh Pak Dodi dan salam senyum sehat.

drg Samdharu P, SpProst

Spesialis Gigi dan Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement