Kamis 17 Apr 2014 16:48 WIB

Apakah Gejala TB Kambuh Kembali?

Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis
Foto: .
Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah terkena TB dan telah mengalami pengobatan intensif 6 bulan, kemudian dinyatakan sembuh. Saat ini kembali batuk jika dalam kondisi bangun, sementara tidak terjadi apa-apa saat tidur atau berbaring. Apakah TB saya kambuh lagi ya dok?

Terima kasih. Salam.

Abdul, Jakarta

Jawaban:

‎Salam Mas Abdul, berkaitan dengan apa yang disampaikan maka penyakit Tuberculosis (TB) bisa sembuh sempurna dan bisa kambuh lagi, namun untuk mengetahui apakah kambuh atau tidak harus dengan beberapa pemeriksaan.

Bila kemudian penyakit TB yang sudah sembuh bisa meninggalkan kerut-kerut atau sisa-sisa penyembuhan di paru, dan hal ini yang

sering menimbulkan gejala sisa seperti batuk, sesak atau produksi dahak yang berlebihan jika ada rangsangan atau infeksi bakteri lain seperti radang tenggorokan dan lain-lain.

Saat dahak cukup banyak ada di saluran napas, akan merangsang timbulnya batuk sebagai reaksi untuk membersihkan saluran napas.

Ketika seseorang berbaring, dahak akan menetap di satu tempat di saluran napas dan ketika posisi bangun, dahak yang ada di saluran

napas akan bergerak sehingga merangsang terjadinya batuk.

Jadi keluhan yang dirasakan Mas Abdul belum tentu karena TB-nya kambuh, bisa juga hal tersebut merupakan gejala sisa dan yang terpenting harus diperiksa. Agar jika penyakit TB-nya kambuh, bisa mendapat pengobatan ulang dengan segera.

Jika hanya rangsangan iritasi saja, tentu hanya akan diberi obat untuk mengatasi gejalanya. Bila kemudian terjadi dalam kurun waktu yang lama batuknya, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter Anda.

Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Salam sehat.

dr Zubaedah, Sp P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement