Kamis 17 Apr 2014 16:24 WIB

Sering Nyeri di Tulang Belakang

Sakit Punggung/Ilustrasi
Foto: Corbis
Sakit Punggung/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering merasa nyeri di tulang belakang. Kata teman sekantor bisa jadi saraf kejepit. Kenapa ya dok itu, serta harus bagaimana?

Dinan (38 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Pak Dinan, sehubungan dengan pertanyaan yang dikemukakan, maka kondisi pada gejala nyeri di bagian tulang belakang bisa disebabkan oleh berbagai macam indikasi. Termasuk diantaranya yang merupakan kontributor yang paling sering terjadi adalah akibat nyeri otot pada seseorang yang berada dalam 1 posisi yang cukup lama (seperti duduk terus menerus dalam waktu lama).

Untuk dapat memastikan apakah hal yang dialami adalah merupakan pertanda saraf terjepit, maka perlu dipahami bahwa saraf terjepit karena ada kerusahan akibat cedera, obesitas, osteoartritis hingga problem postur tubuh yang tidak baik. Hal ini kemudian membuat kerusakan saraft yang disebabkan oleh tekanan berlebihan pada saraf, dan tekanan tersebut menyebabkan fungsi saraf tidak berjalan sebagaimana fungsinya.

Kondisi ini memang dapat ditandai dengan gejala seperti nyeri, lemah otot, mati rasa hingga dapat terjadi kesemutan. Dan dalam hal tersebut penanganan yang sesuai dapat berkisar dari metode pengobatan, terapi fisik hingga pembedahan, tentu memerlukan diagnosa yang tepat dari hasil pemeriksaan oleh dokter orthopaedi.

Sebaiknya bila kondisi ini sudah berlangsung lama dan tidak kunjung mengalami perbaikan segera ke Dokter Anda untuk melakukan konsultasi dan penanganan secara dini, terima kasih.Salam.

Dr Andre Sihombing, SpOT

Spesialis Orthopaedi di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement