Selasa 15 Apr 2014 14:02 WIB

Trauma Pada Testis

.
Foto: AP
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah bermain bola dan tanpa sengaja terkena tendang di kemaluan saya. Sekarang sudah baik, namun sering terasa ngilu yang kambuh. Apa benar testis bisa pecah dok? Soalnya kok seperti besar sebelah ya?

Dwinan (25 tahun)

Jawaban:

Salam buat Pak Dwinan, yang sering dimaksud dengan testis pecah pada istilah awam sebenarnya adalah terjadinya robekan pada selaput tebal yang membungkus isi testis.

Jika itu terjadi pasca terbentur atau terpukul atau tertendang testisnya, maka yang bersangkutan akan mengeluh nyeri hebat secara terus menerus. Pada kondisi itu diperlukan tindakan operasi segera.

Bila pada kasus pak Dwinan, di mana kejadian trauma pada testis sudah berlalu untuk waktu yang lama, maka yang bapak keluhkan kemungkinan merupakan komplikasi dari benturan yang terjadi pada testis.

Komplikasi bisa berupa varicocele (varises pada pembuluh vena testis) atau hydrocele (terkumpulnya cairan pada kantung pembungkus testis).

Sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan, antara lain dengan USG. mengingat komplikasi jangka panjang dari benturan pada testis bisa berdampak pada gangguan kesuburan.

Semoga dapat membantu menjelaskan, terima kasih-salam sehat.

dr Nugroho BU, SpU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement