Kamis 10 Apr 2014 16:27 WIB

Sulit Beradaptasi dengan Keluarga Pasangan

.
Foto: inspiyr.com
.

REPUBLIKA.CO.ID, Bu, saya kerapkali merasa sulit untuk beradaptasi dengan keluarga pasangan saya, maklum saya bukan termasuk orang yang mudah untuk berkomunikasi, bagaimana ya bu?’

Istianti (28 tahun)

Jawaban :

Dear Istianti, cukup banyak orang yang merasa dirinya kurang dapat berkomunikasi dengan baik dalam pergaulan sehari-hari, khususnya mereka yang memiliki preferensi introvert. Bila kesulitan berkomunikasi intinya terjadi pada saat berinteraksi dengan keluarga suami, maka perlu dicari penyebabnya.

 

Kemungkinan yang bisa terjadi adalah kurangnya rasa percaya diri. Rasa kurang percaya diri biasa terjadi karena merasa tidak seimbang dengan lawan bicara, entah dari segi penampilan (fisik) atau kemampuan (intelektual ataupun finansial).

Salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah mencari tahu hal-hal apa yang menjadi kesenangan atau perhatian dari mertua atau saudara-saudara ipar. Awalilah pembicaraan tentang hal-hal yang mereka senangi tersebut.

Lambat laun topik pembicaraan akan beralih pada hal-hal lainnya sehingga anda merasa lebih nyaman. Tak ada salahnya pula anda utarakan pada suami tentang kesulitan anda ini. Mintalah suami untuk membantu anda dalam upaya mendekatkan diri dengan keluarganya.

Semoga bermanfaat. Salam.

Dian Permatasari, M.Psi (Psikolog)

Psikolog Klinis Dewasa di RS Meilia Cibubur 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement