Selasa 08 Apr 2014 14:14 WIB

Contoh Sarapan Penuh Energi

Roti isi bisa jadi alternatif sarapan penuh energi.
Foto: Prayogi/Republika
Roti isi bisa jadi alternatif sarapan penuh energi.

REPUBLIKA.CO.ID, Saya adalah pekerja di bagian back office, seringkali kurang menjaga pola makan. Apa yang sebaiknya dikonsumsi di pagi hari sebagai asupan sarapan bagi saya yang beraktivitas penuh rutinitas seperti itu?

Terima kasih.

Wulandari (29 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Mbak Wulandari, semoga selalu bersemangat dalam menjalani aktivitasnya yang padat ya. Terkait dengan sarapan pagi, maka konsumsi di waktu awal hari sebelum berkegiatan merupakan hal penting untuk menjaga konsentrasi saat beraktivitas.

Seringkali memang dengan berbagai alasan, sarapan dilupakan karena rutinitas pagi hari yang sangat padat. Sarapan pagi yang sederhana yang dapat menjadi pilihan adalah dengan berbahan roti, salah satu contohnya adalah chicken sandwich atau egg sandwich.

Dalam hal ini, sesungguhnya kebutuhan asupan makanan di pagi hari juga dikontribusikan dengan jenis aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan. Selain itu, tambahan susu di pagi hari bisa dapat berfungsi menjadi pelengkap pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Dapat pula ditambahkan buah ataupun jus dari buah dan sayur yang dapat dijadikan sebagai alternatif menambah kecukupan vitamin dan serat. Tentu dalam hal ini, sarapan perlu menjadi kebiasan sehat di pagi hari yang harus dimulai.

Terlebih dalam sebuah keluarga, aktivitas sarapan pagi dapat pula memiliki makna sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi setelah seharian sibuk dengan berbagai aktivitas yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota keluarga.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat, salam sehat.

Arianti Diah Ulfiana, Amd

Ahli Gizi di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement