Jumat 04 Apr 2014 09:04 WIB

Apakah Ngorok Tanda Penyakit?

Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dok benar tidak kalau ngorok itu tanda penyakit? Apa karena kelelahan saja? Soalnya saya seringkali mendengkur keras saat tidur menurut teman-teman.

Terima kasih.

Andika (31 tahun)

Jawaban:

Hai Mas Andi, kalau mendengkur alias ngorok pasti yang terganggu adalah orang di sekitar kita ya. Proses mendengkur sendiri adalah kondisi di mana suara yang keluar mengalami gangguan dalam saluran aliran udara yang melewati mulut bagian belakang dan hidung.

Pada kondisi tertidur lelap dan rileks, maka otot akan lemas bahkan bisa terjadi secara berlebihan, kondisi ini menghalangi pergerakan udara dari hidung ke paru-paru, dengan menyebabkan getaran pada tenggorokan dan membuat saluran pernapasan menjadi sempit.

Sesungguhnya yang perlu dievaluasi adalah indikasi mendengkur sebagai kondisi masalah kesehatan yang dikenal sebagai Sleep Apnea, yakni jeda nafas saat tidur dan terjadi ketika saluran napas tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru.

Dapat terindikasi dengan gejala seperti, bangun dari tertidur dalam kondisi terengah-engah atau terbangun megap-megap. Selain itu dapat mengganggu kenyamanan saat beristirahat. Perubahan yang dapat dilakukan adalah perbaikan sikap tidur terlentang, hindari alkohol, serta mengurangi berat badan.

Sebaiknya bila memang kondisi ini telah berlangsung lama, dapat pula dilakukan konsultasi dengan dokter Anda untuk dapat melakukan evaluasi dan penanganan yang sesuai, terima kasih.

Salam.

dr Selfiyanti B, SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement