Senin 31 Mar 2014 13:00 WIB

Sering Lemas, Gejala Hipokalemia Kah?

Pisang
Foto: Feisal Omar/Republika
Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering kali merasa lemah dan lelah, terkadang hal itu disertai dengan debar jantung yang tidak teratur. Hal ini kerap terjadi kerika saya bekerja di luar ruangan di siang hari, kenapa ya dok?

Terima kasih.

Hery (36 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Pak Hery, gejala yang dialami tersebut dapat merupakan bagian dari indikasi kondisi kesehatan yang sangat umum. Dalam hal ini perlu dilakukan observasi lebih lanjut dan pemeriksaan laboratorium.

Bahkan kondisi tersebut dapat saja terjadi sebagai akibat dari kesimbangan asupan mineral khususnya Kalium (K) yang tidak sesuai dengan kebutuhan dalam metabolisme tubuh. Hal ini menjadi salah satu kemungkinan dalam evaluasi kondisi yang bapak sebutkan, di mana terjadi ketika beraktivitas fisik di siang hari, tentu mengeluarkan keringat sehingga bisa terjadi kondisi kekurangan elektrolit terssebut.

Mineral yang kurang dalam dosis takaran pada tubuh tersebut dapat mengakibatkan gejala seperti yang disebutkan dikenal sebagai Hipokalemia. Kadar Kalium dalam tubuh secara normal berada dalam ambang 3.6-5.0 mmol/L, di mana nantinya fungsi dari keberadaan mineral Kalium tersebut akan berlaku sebagai komponen elektrolit dalam tubuh di mana 90 persen diantaranya berada didalam sel.

Secara spesifik, Kalium berguna untuk konduksi saraf, pengeluaran hormon, menjaga keseimbangan kondisi asam basa didalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan elakukan sintessa protein. Dapat disebut sebagai Hipokalemia bila terjadi kekurangan dibawah 3 mmol/L.

Dampak dari Hipokalemia beragam, mulai dari gangguan seperti lelah, lemah, nyeri otot, gangguan fungsi usus, gangguan irama jantung, urine yang semakin pekat hingga gangguan fungsi hati.

Tentu perlu dilakukan perbaikan asupan nutrisi yang memasuk Kalium seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, daging, serta sayuran seperti wortel, kol, selada dan tomat bahkan buah seperti pisang, pepaya, apel dan lain-lain.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga lekas pulih, terima kasih.

dr Yovita M, SpPD, Msc

Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement