Rabu 26 Mar 2014 10:50 WIB

Terganggu Bisul di Telinga

Infeksi telinga (Ilustrasi).
Foto: medialook.com
Infeksi telinga (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, telinga saya dalam seminggu terakhir sakit sekali, apa benar bisa ada bisul di telinga? Kenapa ya dok?

Apa yang harus dilakukan?

Nani (26 tahun)

Jawaban :

 

Halo Nani, semoga telinga saat ini jauh lebih baik ya. Kondisi nyeri di liang telinga penyebab yang tersering karena disebabkan oleh luka. Hal ini dapat ditimbulkan sebagai akibat mengorek telinga terlalu keras di kulit liang telinga.

Dampaknya adalah kemudian menyebabkan terjadinya infeksi, dan hal tersebut dapat menimbulkan pembentukan nanah atau bisul. Secara sederhana, sakit nyeri di telinga bisa ditanggulangi dengan pemberian kompres hangat, maupun salep oles antibiotik, dan minum obat pereda nyeri.

Infeksi tersebut yang kemudian dikenal sebagai bisul di telinga. Biasanya untuk beberapa hari bisul akan pecah, dan nyerinya akan berkurang. Tentu jangan menambah terjadinya luka dengan memencet infeksi yang telah terjadi tersebut.

Kondisi lain yang juga dapat menyebabkan nyeri telinga, adalah infeksi jamur telinga. Bila keluhan masih dirasakan, sebaiknya segera berobat ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan terapi yang optimal. Salam.

dr Selfiyanti B, SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement