Selasa 25 Mar 2014 13:13 WIB

Ketombe yang Tak Kunjung Sembuh

Rambut Indah (ilustrasi)
Foto: bellavogue.com.au
Rambut Indah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya memiliki kendala ketombe yang tidak kunjung usai. Bahkan pernah digunduli supaya bebas ketombe.

Ternyata pun tidak hilang, apa yang bisa dilakukan? Pakai sampo antiketombe juga tidak kunjung berhasil.

Terima kasih.

Ansye (32 tahun)

Jawaban:

Dear Ansye, semoga tetap percaya diri meski ketombe mengganggu. Perlu diketahui, jika kulit kepala yang mengelupas secara berlebihan dikenal secara umum sebagai ketombe.

Dalam hal ini, penyebab ketombe sangat beragam, yakni mulai dari kelainan kelenjar minyak bahkan hingga iritasi kulit kepala.

Disamping itu, dapat pula disebabkan oleh alergi, infeksi jamur, stres, bahkan sampai gangguan imunitas. Nah, ketombe atau sel kulit kepala yang mati ini dapat menyebabkan rasa gatal dan kemerahan.

Hindari menggaruk kepala saat berketombe karena dapat memicu terjadinya luka dan infeksi di kulit kepala. Tentu perlu dilakukan mekanisme menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut yang benar, sinar matahari dapat membantu menekan jamur, karena kondisi kulit kepala yang bersifat lembab.

Bila kondisi ini tidak berubah, maka perlu untuk memeriksakan diri ke spesialis kulit untuk mendapatkan penganan yang sesuai.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga membantu, terima kasih.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement