Senin 17 Mar 2014 14:00 WIB

Anak 6 Tahun Masih Mengompol

Ajak anak ke kamar mandi sebelum tidur untuk menghindari mengompol.
Foto: everydayfamily.com
Ajak anak ke kamar mandi sebelum tidur untuk menghindari mengompol.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya usia 6 tahun masih sering ngompol, kenapa ya dok?

Apa yang harus dilakukan?

Terima kasih.

Teni (30 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Ibu Teni, terima kasih atas apa yang disampaikan. Berkaitan dengan kondisi pada Ananda, maka kondisi ini dapat dijelaskan secara umum sebagai gangguan pengeluaran urin yang menyebabkan pakaian atau tempat tidur basah, kerap kita kenal dan sebut sebagai disebut mengompol.

Pada usia sekolah, ketika mengompol lebih dari satu kali dalam seminggu sudah dianggap abnormal. Secara sederhana, anak yang mengompol dibagi dalam 2 kelompok yaitu Enuresis dan Inkontinensia urine.

Enuresis dianggap sebagai akibat maturasi proses berkemih yang terlambat.

Sedangkan, Inkontinensia anak (pediatric incontinence), selain problem kelainan bawaan (kongenital) hanya mengompol saat sedang tidur malam hari, dan tanpa gangguan serupa di siang hari, atau dapat pula disebut sebagai enuresis nokturnal (nocturnal enuresis).

Serta dapat pula karena dorongan pengasuhan, seperti tidak mendorong anak untuk membiasakan buang air kecil sebelum waktu tidur, membatasi jenis minuman bersifat diuretik (menstimulasi buang air kecil), dan berbagai kendala psikologis lain seperti ketakutan atau kekhawatiran yang tinggi.

Sebaiknya tentu dilakukan penelusuran atas apa yang dialami oleh Ananda, melalui konsultasi dengan dokter Anak agar jelas kendala dan penanganan sesuai. Demikian yang dapat disampaikan, salam.

dr Yuni Kurnia, SpA

Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement