Rabu 12 Mar 2014 10:00 WIB

Ciri Anak Autisme

Autisme (ilustrasi)
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Autisme (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya 5 tahun, seringkali bermain sendiri, tanpa menghiraukan sekitarnya. Dia nampak asik sendiri, tetapi saya khawatir akan bentuk autisme, meski terkadang suka menoleh bila dipanggil namanya?

Bagaimana identifikasi awal autisma ya dok?

Ninik (32 tahun)

Jawaban:

Dear Bu Ninik, semoga Ananda selalu sehat, bentuk perhatian orang tua kepada anak tentu bahagian dari rasa kasih sayang, termasuk mencermati tumbuh kembang anak kita.

Terkait pertanyaan Ibu maka terdapat beberapa ciri anak dengan autisma, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Gangguan kualitatif interaksi sosial (hidup dalam dunia sendiri, tidak peduli dengan lingkungan terutama orang, menyendiri, tidak bisa bermain dengan teman sebaya, kontak mata yang kurang atau tidak ada, tidak merespon panggilan nama).

2. Gangguan kualitatif bicara dan bahasa (bicara seolah sulit, bila sudah bicara tidak mengerti maksudnya, bicara bukan untuk berkomunikasi, mengulang-ulang ucapan atau membeo atau echolalia, berbicara bahasa yang tidak jelas atau bahasa planet).

3. Gangguan pola perilaku minat yang terbatas dan itu itu saja (melihat benda berputar, memutar-mutar roda sepeda bukan untuk dijalankan, hand flapping atau mengepak-ngepakan tangannya, head rocking atau mengayun-ngayunkan kepala, stiming atau melihat jari-jarinya didepan muka, menjejer-jejer benda dan bila dirapikan marah luar biasa atau temper tantrum).

 

Dari ciri tersebut, tidak harus ada semuanya, tetapi ada kriteria minimal sampai dapat dinyatakan sebagai autisma.

Sehingga diperlukan pemeriksaan menyeluruh, sebaiknya dikonsultasikan ke Pusat Tumbuh Kembang mengingat usianya sudah memasuki 5 tahun.

Semangat  terus untuk Bunda dan keluarga termasuk bagi Ananda, bijaksana sebagai orang tua, karena setiap anak adalah luar biasa, jadi jadikan mereka luar biasa dengan keunikannya.

dr Tri Gunadi

Direktur Klinik Tumbuh Kembang Yamet di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement