Selasa 11 Mar 2014 12:49 WIB

Ketiak Seperti Tersengat Listrik

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya merasakan sakit di bawah ketiak, rasanya seperti orang yang tersengat listrik. Tapi tidak terasa ada benjolan. Kalau diraba seperti ada sedikit bengkak.

Kenapa ya dok?

Lindawati (29 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Ibu Linda, semoga dalam kondisi kesehatan terbaik. Atas pertanyaan yang disampaikan, maka gejala dengan apa yang dirasakan seperti terdapat bengkak, serta rasa nyeri, hingga warna kemerahan, dan berdasarkan perabaan fisik permukaan terdapat panas didaerah yang terasa sakit tersebut, hal-hal itu dapat merupakan tanda dari terjadinya suatu kondisi infeksi.

Perlu dipahami, infeksi bisa terjadi pada daerah kulit, ataupun di jaringan bawah kulit maupun organ di bawahnya. Di ketiak, infeksi sering terjadi pada akar rambut, biasanya karena kebiasaan mencabut bulu ketiak, atau bisa juga terjadi infeksi pada jaringan di bawah kulit seperti kelenjar getah bening.

Tentu dalam kondisi ini, diperlukan pemeriksaan untuk membedakannya, karena aakan terkait dengan penanganan yang berbeda sesuai kondisi penyebabnya. Silahkan untuk berkomunikasi dengan dokter Anda, dokter umum dapat melakukan skrining dan pengobatan awal untuk kemudian merujuk ke spesialis yang berhubungan bila memang diperlukan.

Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat, salam.

Dr Wita Sukmara, SpB

Spesialis Bedah Umum di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement