Senin 10 Mar 2014 12:37 WIB

Biduran Tak Kunjung Sembuh

Gatal di kulit
Foto: Dok Republika
Gatal di kulit

REPUBLIKA.CO.ID, Saya Kamal, saya kena gatal-gatal kurang lebih sudah 3 bulanan. Dari kecil saya tidak pernah punya alergi gatal. Pernah dikonsultasikan dan disebut sebagai biduran.

Diberi obat namun setelah obatnya sudah habis, dan tidak minum lagi mulai gatal kembali, bagaimana ya dok?

Kamal

Jawaban:

Dear Mas Kamal, sesuai dengan apa yang dirasakan, maka dalam hal ini perlu dipahami bahwa Biduran atau bahada medisnya adalah Urtikaria, adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh suatu proses Imunologi atau Non Imunilogi.

Penyebab utama terjadinya Urtikaria adalah karena terjadinya proses pelepasan Histamin, yang kemudian memacu timbulnya gatal. Oleh karena itu, maka pengobatan yang dilakukan adalah dengan diberikan Anti-Histamin dan semacamnya yang beragam.

Terkait dengan seringnya gejala gatal tersebut, ada baiknya pula dilakukan tes alergi untuk mencari penyebab keberulangan tersebut. Urtikaria yang sudah muncul sejak 3 bulan tersebut dapat dikategorikan sebagai Urtikaria Kronik, sehingga membutuhkan pengobatan kombinasi dan lama.

Dalam hal ini tentu saja Mas Kamal dapat meminta rekomendasi, agar dilakukan test alergi lebih lanjut. Sementara itu, dalam kondisi saat ini tentu Mas Kamal harus menjaga kondisi tubuh dalam stamina yang prima dan terbaik, serta menghindari paparan penyebab alergi dan mengkonsumsi obat yang diberikan dokter.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga segera lekas pulih kembali ya Mas Kamal. Terima kasih, salam sehat.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement