Ahad 09 Mar 2014 06:15 WIB

Bingung Memulai Usaha

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamualaikum...

Saya berencana mau buka usaha, tapi saya tidak tahu mau usaha apa. Saya tidak ada dasar pengusaha atau dagang. Saya juga terkendala dana.

Mohon solusinya.

Terima kasih.

Andi

Padang

 

Jawaban:

Waalaikumsalam Wr Wb

Salam untuk Mas Andi. Wah, orang Pa-Dang mestinya Pandai Ba-Dagang (it's a joke, ya). Sama halnya dengan hal tersebut, kemampuan berusaha tentu tidak dapat dikaitkan dengan kondisi etnisitas maupun soal keturunan.

Kemampuan dan skill berwirausaha lebih ditumbuhkan melalui sikap mental, dan hal ini dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu kita akan wajar melihat bila anak pengusaha menjadi terlatih berusaha karena dalam menu kesehariannya mereka melihat role model kedua orang tuanya, sehingga mereka akan terbiasa melakukan perhitungan, melihat peluang dan lain-lain.

Namun sekali lagi, hal tersebut bukan semata penentu kesuksesan. Semua orang bisa menjadi pengusaha, namun belum tentu semua mau menerima konsekuensi sebagai pengusaha.

Dan hal ini merupakan pilihan, bayangkan bila semua orang di dunia menjadi pedagang, lalu siapa yang akan berposisi menjadi pembeli?

Setiap kali mendapatkan pertanyaan insan yang hendak ditahap awal memulai berwirausaha, maka hal yang terpenting dalam benak kita semua bahwa pengusaha berarti bekerja lebih keras, karena Anda membayar kebutuhan Anda sendiri.

Jangan kemudian melirik stereotipe pengusaha ala cerita fiksi yang duduk berleha dan uang mendatangi. Tentu realitanya tidak bisa seperti hal tersebut.

Nah, bila hal ini telah terpatri dengan baik, maka kemudian aspek skill akan dilatih dalam berusaha, yakni melihat peluang, melakukan perhitungan, dan mensimulasikan awalan bisnis yang akan dijalani.

Tentu bukan kerja yang mudah, tetapi juga bukanlah sesuatu yang maha sulit, karena saat ini banyak akses informasi dan pendanaan yang bisa didapatkan dalam membangun start up bisnis.

Perbanyak ketertarikan melalui pendalaman ilmu usaha melalui berbagai macam sumber literatur ataupun berbincang dengan pelaku usaha yang sudah memulai terlebih dahulu akan menjadikan kita lebih mantap dalam mendalami dunia usaha.

Demikian Mas Andi, rasanya di Padang banyak sekali tokoh dunis usaha yang terkemuka, bisa jadi sumber inspirasi dan ide kreatif tentunya. Tetap bersemangat dan Salam Entrepreneur.

Tavitri Rangkuti, MM

Sekretaris Entrepreneur Institute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement