Jumat 07 Mar 2014 12:30 WIB

Luka Parut Operasi di Tangan

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah mengalami kecelakaan hingga timbul luka parut operasi di tangan. Apa yang bisa dilakukan ya dok?

Sejauh mana bekas luka itu bisa dikecilkan? Karena saya khawatir bila dioperasi lagi dampaknya malah timbul tonjolan yang lebih besar, mohon penjelasan dok.

Terima kasih.

Anas (33 tahun)

Jawaban:

Terima kasih Pak Anas atas pertanyaannya, saya turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa bapak. Trauma pada tangan adalah salah satu penanganan yang sulit  karena menyangkut bukan hanya bekas luka tapi juga fungsi tangan untuk aktivitas.

 

Karenanya penilaian dan penanganan dilakukan oleh dokter bedah plastik atau bedah tulang yang berkompeten untuk mencegah komplikasi berupa pemendekan/pembengkokan jari yang disebut kontraktur.

Setelah operasi dokter akan memasang splinting/spalk apabila luka mempengaruhi sendi atau tulang (fraktur) agar tidak digerakkan. Lamanya tergantung kondisi dan penyebabnya (pada beberapa kasus bisa dianjurkan digerakkan secepatnya setelah operasi).

Kemudian dipasang balutan kompresi gunanya mengurangi nyeri, bengkak, membuat posisi tangan dalam posisi istirahat, dan mencegah luka tidak menonjol. Bisa di gunakan salep dan suntikan pencegah keloid, atau lapisan silikon untuk menekan keloid.

Apabila Pak Anas merasa terganggu baik penampilan maupun fungsinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang kompeten, akan dinilai dan dicarikan solusi penanganannya.

 

Semoga bisa membantu Terimakasih.

dr Qori Haly, SpBP-RE

Spesialis Bedah Plastik-Estetik di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement