Kamis 06 Mar 2014 15:53 WIB

Apakah Itu Disleksia?

Anak membaca (ilustrasi)
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Anak membaca (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, putra saya 6 tahun tetapi mengalami kendala sulit membaca dan mengeja kata, dari internet ada kasus disleksia? Sebenarnya apa dan bagaimana sih dok kategori disleksia? Serta apakah masih dapat berubah? Mohon informasinya.

Nunik (31 tahun)

 

Jawaban:

Dear Bu Nunik, kesulitan membaca dan mengeja kata tidak selalu berkaitan dengan disleksia, kesulitan membaca dan mengeja bisa juga salah satu faktornya karena kemampuan anak yang belum berkembang ataupun penyebab lain seperti berlatih dan lingkungan pendukung di sekitarnya.

Di samping itu, terdapat pula faktor seperti inteligensia, jadi saat inteligensia di bawah rata-rata bisa juga tidak bisa atau kesulitan dalam membaca dan mengeja. Tetapi tentu hal ini sebaiknya tidak dipandang sebagai faktor rendah diri, bahkan harus diketahui untuk dapat dilakukan tindakan yang sesuai.

Jadi baru dikatakan berdiagnosis disleksia jikalau IQ-nya normal atau di atas rata-rata (91-110) atau lebih. Sehingga sebaiknya pastikan dulu IQ-nya, karena perawatannya-beda.

Bila pada kasus disleksia terdapat ciri-ciri, seperti:

- Kebingungan kanan kiri.

- Kesulitan dalam melakukan urutan.

- Sering terbolak-balik arah huruf dan angka (b, p, d, q, 3, 5, dan lainnya).

 

Untuk penanganan disleksia, bisa dibantu dengan terapi, sehingga sebaiknya dibawa ke Klinik Tumbuh Kembang untuk melakukan diagnosa terkait dan terapi yang dibutuhkan dalam pelatihannya.

Sementara itu, bagi orang tua dapat membantu di rumah dengan menstimulasi dan melatih anak dengan beberapa hal sederhana, seperti:

- Bermain membedakan kanan kiri,

- Bermain dengan membuat urutan,

- Belajar menghitung mundur (100-1) dengan cepat,

- Melatih untuk dikte angka huruf, suku, kata dan kalimat,

- Beraktivitas membaca huruf, suku, kata dan kalimat,

- Melatih persepsi visual dan persepsi auditorinya.

 

Demikian ya bu yang dapat disampaikan semoga ananda tidak lagi kebingunan dalam membaca dan mengeja kata. Salam tumbuh kembang bagi Ananda.

 

dr Tri Gunadi

Direktur Klinik tumbuh Kembang Yamet di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement