Rabu 05 Mar 2014 13:25 WIB

Ngilu Karena Engsel Bahu Lepas

Nyeri di engsel bahu bisa terjadi karena ada tulang yang kembali lepas.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Nyeri di engsel bahu bisa terjadi karena ada tulang yang kembali lepas.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya hobi sepeda alam. Pernah kecelakaan dan lepas engsel di bagian pundak atau bahu. Sudah 2 tahun lalu, sekarang sering merasa ngilu dan gerakan terbatas. Apa saya harus dilakukan, ya, dok?

Noval (32 tahun)

 

Jawaban:

Hai Pak Noval, suka berpetualang di alam bebas ya pak, pasti seru sekali. Namun memang harus bijaksana dalam hal tersebut, seperti tidak memaksa kondisi tubuh yang berisiko untuk terjadinya cidera.

Karena memang sendi dan tulang pada tubuh memiliki batas daya dukung terhadap aktivitas fisik, sehingga harus lebih terkendali dan dikelola agar tidak terjadi sport injury.

Nah, yang dialami Pak Noval bisa disebut sebagai dislokasi daerah bahu. Kalau bisa lepas tentu bisa dipasangkan kembali, namun perlu diperhatikan keberlanjutannya.

Bila sekarang kembali dirasakan nyeri dan ada gerakan yang terbatas, bisa jadi kembali lepas tulang bahunya. Atau ada kondisi rusaknya jaringan sendi yang menjaga posisi tulang tersebut.

Hal ini dapat diperkuat posisinya melalui olahraga seperti berenang. Dalam hal itu, beraktivitas seperti olahraga tidak harus berhenti, yang terpenting mengenal batas kemampuan diri dan tidak memaksakan aktifitas fisik berlebihan serta di luar batas kemampuan tubuh.

Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang atau Orthopedi agar dapat diobservasi dengan melalui USG bahu maupun MRI guna mengetahui detail kondisi saat ini dan penanganan yang diperlukan.

Demikian yang dapat diberitahukan Pak Noval, semoga segera pulih kembali dan beraktivitas seperti sediakala. Terima kasih.

dr Andre Sihombing, SpOT

Spesialis Bedah Tulang di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement