Rabu 26 Feb 2014 09:12 WIB

Mungkinkah Kaki Patah Normal Lagi?

Pada proses penyembuhan patah tulang lebih cepat terjadi.
Foto: Musiron/Republika
Pada proses penyembuhan patah tulang lebih cepat terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya 7 tahun. Pernah mengalami kecelakaan hingga tulang pahanya patah. Sekarang sudah sembuh, tetapi berjalan agak sedikit pincang. Apakah hal itu bisa normal lagi dan bagaimana solusinya? Terima kasih.

Made (32 tahun)

 

Jawaban:

Hai Pak Made, semoga anaknya sehat selalu ya. Terkait dengan riwayat kecelakaan dan patah tulang paha, maka luka dan patah tulang yang terjadi dapat disembuhkan.

Apalagi hal tersebut terjadi pada anak kecil, mengingat bahwa proses penyembuhan lebih cepat terjadi seiring pertumbuhan serta perkembangan fisik anak itu sendiri.

Tetapi memang terkadang terjadi proses penyembuhan tulang yang tidak sempurna. Hal ini dapat diidentifikasi melalui gejala yang secara kasat mata terlihat.

Seperti misalnya terjadi perubahan bentuk dan panjang kaki, sehingga hal itu berakibat terlihat pincang saat berjalan. Oleh karenanya perlu dipastikan proses penyambungan tulang telah berlangsung dengan baik.

Sebaiknya lakukan evaluasi dan kontrol ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan melihat kemungkinannya. Bila memang dirasa perlu dapat melakukan rontgent ulang.

Kalau penyebab pincangnya karena proses penyembuhan tulang yang tidak sempurna, selama tidak dikoreksi, akan tetap pincang. Demikian yang dapat disampaikan Pak, semoga Ananda di rumah segera pulih. Salam.

dr Wita Sukmara, SpB

Spesialis Bedah di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement