Selasa 25 Feb 2014 10:00 WIB

Bibir Pecah-Pecah Tak Kunjung Sembuh

Bibir pecah-pecah mungkin diakibatkan gangguan metabolik tubuh.
Foto: healyourskinthebook.com
Bibir pecah-pecah mungkin diakibatkan gangguan metabolik tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mengalami gangguan bibir pecah-pecah, gatal, merah dan terasa bengkak. Dan, setiap minggu kulitnya mengelupas. Sudah 4 bulan, tidak kunjung sembuh. Saya jadi minder, kenapa, ya, dok? Terima kasih.

Arief (21 tahun)

Jakarta

 

Jawaban:

Dear Mas Arief, semoga segera bisa lekas pulih ya kondisi bibirnya. Berkenaan dengan gejala tersebut, banyak sekali penyebab bibir pecah-pecah mulai karena disebabkan oleh dehidrasi, alergi, atau adanya kondisi iritasi permukaan kulit bibir tersebut.

Bahkan dapat pula disebabkan karena adanya infeksi, atau akibat dari dampak merokok, dapat pula disebabkan oleh karena kekurangan Vitamin B dan C. Disamping itu, gangguan metabolik serta problem di masalah pencernaan dapat berdampak pada kondisi bibir yang pecah-pecah.

Sebaiknya dilakukan perbaikan fisik terlebih dahulu, seperti menjaga kelembaban bibir, asupan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin, serta konsumsi air putih yang cukup. Bila kemudian, bibir yang pecah-pecah tersebut tidak kunjung pulih sebaiknya diperiksanakan ke dokter Anda.

Hal ini diperlukan untuk melihat kemungkinan korelasi yang terjadi sebagai akibat kendala penyakit lain yang menyebabkan kondisi bibir menjadi pecah-pecah tersebut. Semoga setelah ini semakin percaya diri dan tidak ragu untuk berkomunikasi dengan orang disekitar lingkungan Anda, ya, Mas. Pokoknya harus tetap percaya diri.

Terima kasih. Salam sehat.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement