Senin 24 Feb 2014 09:17 WIB

Bayi Diare Setelah Makan, Kenapa, Ya?

Perhatikan bahan makanan pendamping ASI bagi si kecil.
Foto: Molly Riley/AP
Perhatikan bahan makanan pendamping ASI bagi si kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya lelaki, usia 7 bulan. Sekarang sudah mulai makan pendamping ASI. Tetapi frekuensi BAB-nya lebih sering seperti diare, apa yang harus dilakukan? Apakah kembali hanya ke ASI saja atau ini karena pengaruh cuaca? Mohon saran.

Nurdia (28tahun), Jakarta

 

Jawaban:

Hai Bu Nurdia, semoga si kecil selalu dalam kondisi kesehatan yang terbaik. Sesuai dengan tahap usianya, maka mulai sejak 6 bulan bayi sudah dapat diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI.

Bila diperkenalkan sejak awal dan secara bertahap mulai usia 6 bulan tersebut, maka fase adaptasi tubuh si kecil akan mulai berlangsung, sehingga mereduksi problem cerna dengan keluhan BAB.

Dalam hal ini, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memperkenalkan bahan makanan pendamping ASI bagi si kecil.

Seperti diantaranya adalah pemilihan bahan makanan berkualitas, pilihan jenis makanan organik, ataupun olahan langsung dari buah, sayur atau bahan alami lain, serta dicoba secara satu per satu.

Perhatikan pula jumlah asupan yang hendak diberikan, faktor higienitas peralatan makan juga dapat menjadi pencetus masalah pencernaan.

Termasuk faktor pengaruh cuaca bagi kondisi tubuh bayi bisa mengakibatkan problem BAB yang lembek, karena daya tahan tubuh yang menurun.

Bila kondisi BAB lembek disertai dengan penurunan nafsu makan, lemas dan lesu, sebaiknya dikomunikasikan dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian yang dapat disampaikan Bu, semoga dapat dimengerti.

dr Yuni Kurnia, SpA

Spesialis Anak di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement