Senin 24 Feb 2014 07:40 WIB

Bahayakah Fogging?

Fogging.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Fogging.

REPUBLIKA.CO.ID, Saya mendengar bahwa obat yang digunakan dalam fogging  demam berdarah membahayakan bagi manusia.  Sedangkan fogging saat ini masih merupakan salah satu andalan dalam membasmi nyamuk demam berdarah. Benarkah, dok?

Terima kasih.

Syafrudin, Cibubur.

 

Jawaban:

Salam Bapak Syafrudin, terima kasih atas pertanyaannya. Perlu diketahui bahwa membasmi nyamuk demam berdarah ada beberapa cara. Yaitu, dengan fogging untuk membunuh nyamuk dewasa, dengan Abate untuk membunuh jentik nyamuk, dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) yaitu dengan 3 M  (menguras, menutup, dan membuang barang yang menyebabkan air jernih tergenang).

Fogging atau Pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa penyebar demam berdarah, biasanya menggunakan Malathion (golongan Organophosporester) yang sering dicampur solar atau minyak tanah.

Selain itu, saat ini insektisida yang sering dipakai untuk fogging yaitu Cynoff dan Fendona. Tentu saja zat-zat tersebut juga mempunyai dampak bagi kesehatan jika terhirup pernapasan (tergantung kadar dan jumlahnya).

Gejala yang mungkin timbul adalah sakit kepala, pusing, mual, sakit dada, sulit bernapas, sakit otot, diare, pandangan kabur dan lain-lain. Juga berpengaruh pada wanita hamil (terutama kepada bayi yang dikandung) karena bersifat teratogenik dan karsinogenik.

Jadi kegiatan apapun perlu dipikirkan keuntungan (apakah sangat diperlukan) dan kerugiannya, cara pelaksanaan yang benar serta pengamanannya, sesuai dengan standar yang dianjurkan.

Jangan lupa cara yang dipilih harus mempertimbangkan faktor resiko dan manfaatnya. Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

dr Zubaedah, Sp P, MARS

Spesialis Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement