Ahad 23 Feb 2014 09:08 WIB

Kepala Seperti Berputar Di Siang Hari

Vertigo
Foto: ucc-ny.com
Vertigo

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya kerap kali muntah, mual, dan merasa seperti berputar. Hal ini kerap terjadi di siang hari setelah beraktifitas padat di pagi hari. Makan saya teratur tidak ada gejala maag. Kenapa, ya, dok?

Hadi (32 tahun)

 

Jawaban:

Hai Pak Hadi, pasti sangat mengganggu ya kondisi seperti yang disampaikan. Berkaitan dengan gejala yang disampaikan maka pusing berputar yang disertai mual dan muntah merupakan suatu indikasi yang disebut dengan vertigo.

Vertigo itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Antara lain kelainan di syaraf sentral (contoh stroke), gangguan di organ keseimbangan di telinga akibat suatu penyakit, hingga akibat tekanan darah yang sangat tinggi.

Atau kondisi ini dapat pula dikarenakan oleh turunnya tekanan darah, gangguan pada mata, bahkan juga disebabkan rendahnya kadar gula darah, dan sebagainya.

Untuk dapat mengetahui penyebabnya perlu dilihat kembali. Apakah pada saat melakukan aktivitas itu cukup berat. Dan, kapan terakhir kita konsumsi makanan, apakah ada riwayat darah tinggi atau rendah?.

Bahkan dapat pula merupakan suatu efek yang terjadi disebabkan oleh pekerjaan yang melihat ke layar komputer terus menerus, ataupun penggunaan kacamata, konsumsi obat, dan sebagainya.

Dalam hal ini, perlu juga diperhatikan gejala yang lain seperi adanya sakit kepala, telinga berdenging, nyeri perut, kelemahan anggota gerak, dan lain-lain. Karena hal tersebut akan dapat menjadi bagian dari rangkaian gejala yang dialami oleh Bapak.

Guna memastikan penyebabnya sekaligus penanganan yang sesuai, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebab dibutuhkan diagnosa yang sesuai untuk menangani kondisi tersebut.

Demikian yang dapat disampaikan Pak Hadi, salam sehat selalu.

dr Yovita Mulyakusuma, SpPD

Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement