Kamis 20 Feb 2014 14:15 WIB

Apakah Olah Raga Malam Membuat Paru-Paru Basah?

Berolahraga malam tidak menimbulkan risiko penyakit paru-paru basah.
Foto: invision
Berolahraga malam tidak menimbulkan risiko penyakit paru-paru basah.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya adalah pekerja malam karena menjadi desainer lepas waktu. Selain bekerja saya kerap berolahraga tenis meja di sela-sela waktu kerja itu. Sekarang saya sakit di dada. Apa itu disebabkan karena olahraga malam membuat paru-paru basah?

Iwan (30 tahun)

 

Jawaban:

Salam Pak Iwan, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Perlu dipahami bahwa olah raga malam tidak membuat paru-paru basah.

Namun, penyakit paru-paru basah dapat disebabkan oleh kuman yang menyerang tubuh kita di kala daya tahan tubuh menurun akibat kurang tidur. Bekerja terlalu berat atau asupan nutrisi yang jelek.  

Gejala sakit di dada bisa disebabkan beberapa hal. Antara lain, nyeri di otot dada, gejala penyakit jantung ataupun gejala penyakit paru. Untuk dapat mengetahui nya tentu saja harus diperiksa oleh dokter.

Dalam bekerja masih menyempatkan diri berolah raga, itu baik sekali , yang penting ada keseimbangan antara bekerja, berolah raga dan istirahat yang cukup, juga tentu saja asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan serta tidak merokok untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.

Demikian jawaban saya, semoga dapat dimengerti dan tetap sehat . Terima kasih.

dr Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement