Jumat 07 Feb 2014 12:04 WIB

Mahasiswa Ingin Bisa Menabung Tiap Bulan

Hitung gaji dengan cermat/ilustrasi
Foto: shutterstock
Hitung gaji dengan cermat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Salam hangat, saya seorang mahasiswi dan saya juga bekerja, gaji saya Rp 2 juta per bulan.  Kebutuhan saya setiap bulannya, bayar kuliah dan kasih uang ke orang tua saya. Saya pegang uang setiap bulannya hanya 10-20% dan itu juga untuk membeli kebutuhan wanita.

Setiap hari saya dikasih uang jajan sama orang tua sekitar Rp 20-30 ribu. Itupun untuk ongkos saya kuliah. Bagaimana yah, caranya supaya saya bisa menabung?

Mohon sarannya, terima kasih.

Desy A

0838 1193 xxxx

 

Jawaban WF 19

Salam kenal Mbak Desy :-)

Saya selalu mengapresiasi, orang-orang yang bisa membagi waktunya, selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, juga masih mau untuk kuliah lagi.

Dari pertanyaan Anda tidak disebutkan dimana Anda tinggal, apakah Anda bekerja dari pagi hingga sore, malamnya kuliah atau kuliahnya hanya sabtu-Ahad. Serta bidang apa yang Anda tangani hari ini dan spesialisasi Anda dimana?

Satu hal yang pasti, Anda harus menjawab pertanyaan saya, apa tujuan Anda menabung dan Anda mau menabung berapa persen dari income/pendapatan Anda saat ini? Jika Anda menyepakati, misalnya 30% dari Rp 2 juta, maka Anda bisa menyisihkan Rp 600 ribu tiap bulannya. Lantas Anda pasti berpikir, apakah mungkin hidup dengan Rp 1,4 juta buat Anda dan keluarga?

Disinilah letak beauty of finance-nya, ada 3 langkah yang bisa Anda pilih :

1.Menurunkan pengeluaran Anda

Coba Anda hitung kembali komponen standar KHL/Kebutuhan Hidup Layak yang terdiri dari : Makanan, Minuman, Sandang, Perumahan,Pendidikan, Kesehatan, Transportasi dan Rekreasi keluarga Anda.  Jika Anda memang harus menurunkan standar kebutuhan dikarenakan termakan merek dari sebuah iklan, kenapa tidak mencoba produk kompetitor yang lebih murah, tetapi kandungan isi dan berat/gramnya sama.

Coba belanja secara grosiran tiap bulan dengan mengajak tetangga Anda, selain dapat harga diskon, Anda juga dapat ‘uang lelah’ dari tetangga Anda.

 

2.Menaikkan pendapatan Anda

Jika Anda termasuk kategori personal yang introvert, maka ajak kenalan Anda yang extrovert untuk bekerja sama bagi hasil. Anda bisa menjadi online retailer dengan menjual produk/barang Anda sendiri atau milik orang lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tetapi jika Anda tipenya adalah extrovert (senang bergaul, suka tantangan, atau pekerja lapangan yang intinya lebih banyak ketemu orang) maka saya sarankan Anda untuk beralih ke bidang-bidang berikut ini : marketing, business development, sales, public relation, investor relation dll.  Untuk bidang sales/marketing/investor relation, selain dapat gaji bulanan, Anda masih mendapat bonus bulanan ketika Anda atau team Anda mencapai target dari perusahaan.  Sedang buat business development dan public relation, Anda relatif bisa membagi waktu Anda untuk mencari pendapatan lain di luar kerja tetap Anda.

 

3.Melakukan keduanya

Dengan menurunkan pengeluaran Anda dan menaikkan pendapatan Anda, Anda justru bisa lebih banyak menabung dari selisih kedua hal di atas.

 

Tetapi satu hal yang pasti, Anda harus menabung di awal ketika Anda mendapatkan gaji bulanan Anda.  Ketika tinggal sedikit dari uang yang tersisa, Insya Allah adrenalin positif Anda akan naik dan ide-ide kreatif dari intelektual Anda sebagai seorang mahasiswi akan berkembang.  Selamat menabung di awal bulan dan menjalankan rencana dari ide kreatif Anda!

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement