Senin 27 Jan 2014 13:36 WIB

Tips Agar Cepat Kaya (2)

Pelatihan kewirausahaan/ilustrasi
Pelatihan kewirausahaan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamu’alaikum, 

Salam kenal saya Yani, seorang guru di daerah. Untuk menutupi kebutuhan hidup saya kerja sampingan menjadi guru privat dari sore sampai malam.  Tapi usaha saya itu tidak membuat saya mempunyai banyak uang karena saya terlilit hutang yang sangat banyak.  Sehingga saya merasa waktu tersita, tapi tidak menyelesaikan permasalahan saya.

Mohon nasehatnya dan jalan keluar apa yang harus saya lakukan agar saya cepat kaya.  Perlu diketahui saya adalah pekerja keras.

Makasih.

Yani

0815 7535 xxxx

 

Jawaban WF 19

Wa’alaikumsalam Wr Wb

Salam kenal kembali Bu Yani :-)

Berikut jawaban yang ibu tanyakan.

Ada 6 langkah untuk menjadi kaya dengan strategi 6 B, yakni : BERUBAH-BELAJAR-BACA BUKU-BERKORBAN-BERAKSI-BERBAGI.

Yang pertama, apapun kondisi terpahit yang ibu alami hari ini, ibu harus mau berubah.  Mulai hari ini dan seterusnya, punya positive thinking (pemikiran positif) dan positive believe (keyakinan positif).

Intinya, nothing is impossible, everything is possible if we believe in Allah SWT (tidak ada yang mustahil di muka bumi ini, semuanya menjadi mungkin ketika Allah SWT menghendaki dan selalu bersama kita). Tawakal secara sangat-sangat sempurna, lakukan usaha/ikhtiar secara maksimal. 

Yang kedua, belajar pada siapa pun, dimana pun dan kapan pun, termasuk yang tingkat pendidikannya lebih rendah dari Anda. Eager to learn (memiliki hasrat yang sangat kuat untuk belajar) dan learn how to learn (belajar cara belajar), silakan cari panduannya dengan search di google tentang NLP (Neuro Linguistic Programming).

Yang ketiga, baca buku tentang Motivasi dan Keuangan, minimal  2 jam per hari.  Bisa dimulai dari membaca buku-buku ekonomi kelas 1-3 SMA di perpustakaan di daerah ibu. Atau menjelajahi dunia maya, 2 jam per harinya.  Ingat, ilmu tentang keuangan dan ekonomi kreatif, bagaimana mendapatkan kekayaan selalu bertumbuh.  Jadikanlah kebiasaan membaca menjadi rutinitas harian, layaknya kita shalat wajib.

Yang keempat, berkorban dengan membayar harga di depan.  Di mulai dengan hal yang sederhana, membeli buku-buku keuangan, kaset-kaset atau CD/DVD tentang keuangan dan ikuti pertemuan, baik teaching, training, coaching, mentoring tentang keuangan.

Dimulai dari mana bedah keuangan keluarga saya? Rumus dasarnya 19, yakni 1 outcome 9 income.  Carilah alternatif pendapatan yang menghasilkan banyak uang dan pengeluaran ibu, cukup dari satu pendapatan/income saja. Artinya masih ada 8 income lagi buat jalan menuju kaya.

Setelah mendapatkan uangnya, lakukan selalu rumus WealthFlow 19, yakni 334.

Bagi uang yang telah ibu miliki di 3 pos, yakni 30% Modal Kerja, 30% Investasi dan 40% Konsumsi.

Untuk pengeluaran, dimulai dari Financial Check Up 3 Rasio berikut :

a.Rasio Tabungan 30%

b.Rasio Hutang 0 %

c.Rasio Likuiditas 24 bulan pengeluaran.

Detailnya, sila klik link berikut :

http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/motivasi-keuangan/13/12/28/myhsj2-cek-keuangan-anda-dengan-tes-ini

artinya selain punya rencana keuangan, juga bebas hutang konsumtif dan produktif (zero debt) serta ada dana darurat (emergency fund) yang berasal dari pelipatgandaan modal kerja yang 30%.

 

Yang kelima, beraksi, dengan melakukan 3 hal berikut :

 a.Daftar/list alternatif kemungkinan pendapatan dari 30 jenis skill/keterampilan, hobi yang ibu miliki.  Dari ke-30 keterampilan tadi, ambil 5 terbaik yang bisa ibu jalankan hingga nantinya dari membangun aset aktif, bisa menerima penghasilan pasif dengan adanya team

 b.Temui 10 orang kaya di tempat Anda tinggal dan belajarlah sama mereka.

 

Parameter untuk bisa benchmark ke orang yang kaya adalah :

1.Punya income lebih dari satu, dengan mereka membeli aset

2.Akumulasi aset (aset mereka yang telah terbukti menghasilkan)

3.Hasilnya berlipat-lipat

 

Untuk profesi para jutawan/billionaire tersebut, bisa sebagai :

1.Entrepreneur/pengusaha

2.Professional Investor

3.TOP BOD-Presiden Direktur yang punya saham

4.Sales door to  door yang punya team di seluruh Indonesia

5.Artist dll

Contoh guru seperti ibu yang menjadi kaya raya hanya dengan menjadi guru bahasa Inggris adalah Mr Yu Minhong dari New Oriental Education.  Beliau awalnya hanya seorang guru bahasa Inggris di China, lalu seiring perkembangan waktu, menjadi salah seorang dari orang kaya baru di negeri panda, China.

Yang keenam, jika ibu sukses, di mohon untuk berbagi atas pengalaman yang ibu telah dapatkan kepada orang lain, agar semakin banyak orang yang terbebas dari hutang dan bisa hidup sejahtera.

Selamat menjalankan keputusan untuk menjadi kaya!

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement