Rabu 18 Dec 2013 13:03 WIB

Liburan Justru Bikin Tajir, Begini Caranya

Liburan di Singapura/ilustrasi
Foto: Singapore.co
Liburan di Singapura/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berikut tips untuk merancang keuangan liburan yang produktif:

1. Bergabung dengan group bisnis di sosial media seperti Facebook di kota tujuan liburan.

Misalkan, jika tahun depan Anda ingin liburan di Bali, alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda berinteraksi dengan komunitas bisnis yang ada di kota Bali.  Baik untuk organisasi lokal maupun organisasi tingkat nasional maupun internasional yang punya cabang di Bali.

 

2. Lakukan postingan keahlian Anda secara terus menerus dalam bentuk artikel, gambar, program dll.

Setelah Anda bergabung di sosial media seperti FB dll, lakukan secara terus menerus dengan perbaikan tentunya, tips-tips atau opini Anda terhadap group bisnis yang Anda ikuti.  Jadikan setiap tulisan, artikel, gambar atau program Anda memberi solusi yang aplikatif buat anggota dari group bisnis tersebut.

 

3. Aktif mengomentari dan memberi solusi dari komunitas atau organisasi bisnis yang Anda ikuti

Salah satu tujuan dari orang bergabung di sebuah komunitas, selain untuk menunjukkan eksistensinya, adalah mencari tempat menumpahkan masalah yang mereka hadapi sembari mencari solusi atau jawabannya.  Jika Anda bisa memberi solusi praktis dari permasalahan tersebut, maka rajin-rajinlah mengomentari yang solutif buat komunitas tersebut.

 

4. Mulai lakukan deal kecil hingga besar, agar timbul rasa trust/rasa percaya sesama member di sosial media seperti FB group bisnis yang Anda tuju. 

Selain proses take & give, membeli dan menjual produk/jasa dari anggota member komunitas bisnis di sosial media yang Anda ikuti, akan memunculkan rasa percaya kepada anggota lain.

 

5. Kunjungi atau ikuti event yang sesuai dengan rencana liburan Anda

Jika Anda termasuk aktif di forum sosial media tersebut, Anda bisa mengusulkan membuat sebuah event diwaktu liburan yang Anda rencanakan.

Jika Anda punya kemampuan public speaking yang bagus, Anda bisa mengusulkan untuk Anda diundang sebagai pembicara dengan hanya meminta imbalan transportasi dan akomodasi selama Anda liburan, syukur-syukur bisa dibayar secara profesional. Jikapun tidak, Anda akan tetap memiliki network/jaringan yang akan membantu Anda selama liburan yang produktif tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement