Jumat 29 Nov 2013 11:59 WIB

6 Tips Cerdas Pilih Asuransi

Rencanakan keuangan Anda dengan Asuransi
Foto: sunlife
Rencanakan keuangan Anda dengan Asuransi

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak mudah untuk memilih asuransi yang pas untuk diri kita. Berikut adalah sejumlah tips cerdas memilih asuransi untuk Anda :

1. Carilah perusahaan asuransi yang kredibel

Selain memiliki track record nasional dan internasional, perusahaan asuransi ini harus memiliki kecukupan modal dengan cara melihat laporan keuangan perusahaan asuransi tersebut. Selain itu juga, apakah perusahaan asuransi tersebut sanggup membayar klaim ketika nasabah mengajukan klaim  serta bertanggungjawab terhadap para nasabah-nasabahnya?

2. Carilah berapa besar klaim yang pernah dibayarkan perusahaan tersebut terhadap nasabahnya

Cari termudah untuk mengetahui besaran klaim yang sudah pernah di publikasikan adalah dengan browsing di internet dan menanyakan langsung kepada nasabah/peserta asuransi yang sudah mendapatkan pelayanan ketika mengajukan klaim

3. Bandingkan jenis dan manfaat asuransi

Salah satu cara terbaik adalah membandingkan besarnya manfaat dan kebutuhan keluarga kita terhadap sebuah program dari asuransi. Yang idealnya adalah Anda ikut pelatihan menjadi agen asuransi, dimana selain Anda tahu produk knowledge-nya secara detail, biasanya juga ketika pelatihan, dipaparkan juga plus minus produk kompetitor lain

4. Bandingkan UP (Uang Pertanggunggan) yang diberikan dari tiap-tiap jenis manfaat asuransi yang diberikan.

5. Bandingkan detail masa pertangggungan dari manfaat asuransi yang diberikan

6. Bandingkan premi asuransinya

Karena ini adalah uang Anda, Anda berhak tahu akan dikemanakan saja uang Anda tersebut, apakah masuk dalam sistem ribawi ataukah sudah ada pemisahan yang jelas antara yang hak dan batil. 

Terakhir, jangan pernah menyalahkan rekan agen atau penjual produk keuangan, jika ternyata produknya kurang cocok dengan kondisi kebutuhan (ingat KEBUTUHAN bukan keinginan).  Selalu cari tahu apa pun yang hendak Anda beli, dan pastikan Anda hanya akan mengeluarkan uang untuk produk yang Anda pahami.

 

Selamat melakukan PROTEKSI! 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement