Jumat 01 Nov 2013 12:07 WIB

Cara Efektif Mengelola Duit (1)

Hitung gaji (ilustrasi)
Foto: dcrevealed.com
Hitung gaji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Salam kenal Pak Hari.  Apakah pengelolaan uang selalu terkait dengan motivasi diri kita? Jika iya, seperti apa sebenarnya Motivasi Keuangan itu? Terima kasih atas jawabannya.

Broto

Balikpapan

 

Jawaban WF 19

Salam kenal juga Mas Broto. Senang mendapat pertanyaan esensial dari Anda. Motivation is reason for doing something, Motivasi adalah alasan seseorang untuk melakukan sesuatu.  Dalam bahasa agama disebut niat.

Misalnya, ketika Mas Broto ingin pergi ke Hotel Pasific di Gunung Sari Balikpapan dari Bandara Sepinggan, maka tentunya ada alasan yang mendasarinya.  Dasar inilah disebut niat. Begitupun ketika Anda punya uang dan mau pergi ke sebuah mall, maka membelanjakan sesuatu adalah sebuah motivasi yang terkait dengan uang.

Dalam ilmu Motivasi Keuangan, peran uang terbagi dua :

1. Persentase pertama, 30% adalah bicara angka-angka

Anda punya uang cash Rp. 10.000,- ingin membeli 5 macam barang seharga masing-masing Rp 2.000, maka Anda tinggal membagi uang Anda yang Rp 10 ribu dengan 5 macam barang.  Sangat sederhana.

 

2. Persentase kedua, 70% adalah bicara psikologi angka/duit

Anda bawa uang cash Rp 10.000 ke sebuah mal, tetapi di dompet Anda masih tersedia kartu debit dengan uang di dalamnya Rp 5 juta dan kartu kredit dengan plafon Rp 10 juta, saat itu yang bermain bukanlah angka-angka lagi, tetapi keinginan untuk meluaskan  hasrat membeli.  

Apalagi di samping Anda ada saudara, teman ataupun calon mertua Anda, maka uang cash Rp 10.000 pasti tidak akan cukup membeli keinginan Anda.  Yang berjalan bukan lagi logika angka, tetapi perasaanlah yang lebih dominan bermain.  Dan di sinilah bahayanya, Anda bisa bokek (bangkrut) seketika karena terlalu menonjolkan ‘superioritas’ keuangan Anda.

Jadi yang kita perlukan dalam Motivasi Keuangan, selain niat yang benar dalam pengelolaan keuangan kita, juga Perencanaan Keuangan yang terstruktur Insya Allah bisa meminimalisasi kesalahan dalam penggunaan uang.

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement