Senin 09 Sep 2013 11:58 WIB

Tumor Paru Bisa Sembuh dengan Obat Tradisional?

Ilustrasi kanker paru
Foto: Antara
Ilustrasi kanker paru

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, apakah tumor paru-paru bisa disembuhkan dengan cara pengobatan tradisional tanpa harus mengangkat tumor itu sendiri (pemotongan pada paru-paru)? Apakah ada alternatif lain yang bagus untuk penyembuhan tumor paru-paru itu? Terima kasih.

Muhammad Ichsan

 

Jawaban:

Selamat pagi juga, terima kasih banyak pak Muhammad Ichsan atas pertanyaannya. Perlu saya jelaskan terlebih dahulu tentang tumor paru sebelum menjawab tentang pengobatannya.

Tumor paru  seringkali sifatnya ganas, sehingga disebut Kanker Paru. Pengobatan kanker paru tergantung jenis sel kankernya dan stadiumnya (jenis kanker paru sel kecil (Small Cell Lung Cancer dan jenis Kanker Paru Sel Besar/ Non Small Cell Lung Cancer).

Jenis stadiumnya mulai dari stadium 1 sampai stadium 4. Pengobatan kanker paru yang konvensional ada 3, yaitu operasi, kemoterapi dan radioterapi atau kombinasi dari ketiga pilihan tersebut. Tidak semua Kanker Paru harus dioperasi dengan mengangkat tumornya, karena Kanker Paru stadium lanjut tidak akan dioperasi, tapi diberikan pilihan pengobatan lain sesuai dengan jenis sel dan stadium nya.

Sampai saat ini saya belum pernah membaca tentang pengobatan kanker paru hanya dengan cara tradisional saja, bisa sembuh. Namun kanker paru dengan pengobatan cara di atas (terutama pada stadium dini) dapat disembuhkan.

Saat ini pengobatan kanker paru konvensional sudah sangat berkembang, sehingga ada obat kemoterapi yang diberikan dengan cara diminum (bentuk kapsul). Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dimengerti dan bermanfaat. Salam sehat.

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement