Jumat 06 Sep 2013 12:04 WIB

Tambal Gigi, Sebagian atau Sekaligus?

Dokter Gigi (ilustrasi)
Dokter Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya berencana untuk melakukan penambalan atau pasang mahkota gigi, berhubung gigi saya rusak total/semua. Jika saya melakukan pemasangan mahkota ataupun penambalan itu saya lakukan sekaligus semua gigi atau sebagian-sebagian? Terima kasih Dok. Mohon dibantu. 

Salam, Anton

 

Jawaban:

Salam kenal buat Anton, terima kasih pertanyaannya. Mengenai gigi yang ingin ditambal atau pasang mahkota sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui kondisi gigi gigi yang ada, apa memang bisa ditambal saja atau perlu terlebih dahulu dilakukan perawatan saraf gigi (endodontic treatment), kemudian baru dibuatkan mahkota gigi palsunya dengan berkunjung ke dokter gigi.

Karena semua itu tergantung kondisi klinisnya apa gigi tersebut bisa dipertahankan apa tidak. Untuk pengerjaannya apa langsung semua, atau sebagian-sebagian juga tergantung keadaan klinis gigi Anton itu sendiri.

Dimana nantinya, dokter gigi nanti akan melihat dan menentukan. Umumnya dilakukan sebagaian- sebagian, namun kembali lagi sesuai dengan kondisi klinisnya. Untuk memperbaiki gigi yang sudah rusak tidak bisa dikembalikan seperti awal, dalam waktu yang singkat layaknya membalikkan tangan.

Terjadinya kerusakan gigi gigi tentunya sudah berlangsung berbulan bulan bahkan bertahun tahun jadi mungkin untuk merehabilitasi gigi Anton memerlukan waktu yang cukup lama dengan kunjungan bolak balik ke dokter gigi. Demikian Anton informasi yg bisa saya berikan semoga bisa menjawab pertanyaannya. Salam

drg Samdharu Pramono, M.PHIL., Sp.Pros.,FISID

Spesialis Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement