Kamis 05 Sep 2013 12:09 WIB

Dahak Bercampur Darah, Apa Penyebabnya?

Anak Sakit/Ilustrasi
Foto: Corbis.com
Anak Sakit/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya berusia tujuh tahun. Permasalahannya saat ini adalah keluar dahak bercampur darah dari rongga hidung yang dikeluarkan dari mulut. Nafasnya juga terasa tidak sedap dan dinyatakan uritasi di rongga hidung. Saya merasa tidak puas dengan dokter yang merawat saat ini, apa sebaiknya ke dokter lain saja? Terima Kasih.

Juli

Jakarta.

 

Jawaban:

Halo pak Juli, salam sejahtera buat bapak. Hidung banyak lendir disertai darah bisa disebabkan banyak faktor penyebab. Dalam hal ini yang paling sering menjadi penyebabnya adalah kondisi alergi. Di samping itu, penyebab lainnya bisa dikarenakan problem sinusitis, kelainan darah, ataupun tumor. Therapy-nya tentunya akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen atau CT Scan sinus pak? Kalau sudah, maka bapak bisa mendiskusikan kembali penyebab dan rencana therapy untuk anak bapak ke dokter yang merawatnya.

Penanganan pasien memang memerlukan waktu yang sesuai dengan penyakit yang dihadapi, sehingga tidak bisa dilaksanakan secara singkat karenanya dinamakan proses pengobatan.

Namun, adalah hak pasien untuk mencari second opinion, atau pendapat medis dari ahli lain untuk kepuasan pelayanan dan kesembuhan pasien. Demikian semoga jelas dengan penjelasannya dan semoga anak bapak cepat pulih kembali. Salam.

Dr.Selfiyanti B. Mkes.,SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement