Jumat 23 Aug 2013 12:16 WIB

Dapat Warisan Ingin Punya Rumah (2)

Rumah baru/ilustrasi
Foto: blog.rumah.com
Rumah baru/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saya Natalia (29 tahun) bekerja sebagai PNS di Wonosobo, suami 32 tahun swasta di Jakarta.  Gaji saya Rp 2,3 juta dan suami Rp 2,8 juta.  Tanggungan kami adalah cicilan motor suami Rp 850 ribu per bulan (kurangnya Rp 14 juta), bank Rp 1 juta, kebutuhan RT sebulan kurang lebih Rp 3 juta.  Kami ingin sekali memiliki sebuah rumah. Kebetulan suami dapat warisan Rp 100 juta.  Ada tanah dijual seluas 225 meter harga Rp 70 juta.  Bagaimana caranya supaya kami bisa mewujudkannya? Jika berutang, berapakah yang harus diambil supaya biaya cicilan sesuai dengan keuangan. Terima kasih.

Natalia

Wonosobo

Jawaban WF 19

Jika ibu harus mencari rumah yang sudah lengkap dengan bangunan untuk siap huni, maka tips berikut layak disimak.

1. Harga rumah yang ditawarkan penjual apakah sama dengan yang ditawarkan untuk rumah lain dengan kondisi yang sama diwilayah tersebut

2. Kondisi rumah, apakah perlu perbaikan tambahan atau tidak

3. Sudah berapa lama rumah tersebut ditawarkan untuk dijual,

Kalaupun solusinya harus mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka bank biasanya tidak akan mau membayari rumah Anda 100%. Mereka hanya akan membayari rumah Anda sekitar 70% dari harga rumah, sisanya yang 30% harus Anda bayar sendiri dari kantong Anda. 

Bagaimana caranya? 

Kalau harga rumah yang Anda inginkan adalah Rp 300 juta, maka Anda harus membayar dulu 30%-nya dari kantong Anda (dalam contoh ini berarti Rp 90 juta). Setelah itu, barulah bank akan melunasi sisanya yang 70% (yaitu Rp 210 juta). Di sini, jumlah 30% yang Anda bayar dianggap oleh bank sebagai Uang Muka (Down Payment = DP).

Ketika, katakanlah Anda bisa membayar DPnya, maka cicilan tiap bulannya harus Anda bayarkan dari gaji Anda dan suami.  Dan ini pastikan tidak boleh melebihi angka psikologis 30%. Solusi terakhir yang bisa kami sampaikan, Anda dan suami bisa punya rumah tanpa harus mencicil ke bank adalah dengan Angel investor. 

Angel investor  adalah orang atau institusi yang mau membantu membelikan rumah yang kita inginkan, tanpa pamrih dan tanpa riba, artinya tidak mengutip penambahan uang sepeser pun, semata-mata ingin mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.  Memang agak sulit di era yang serba mencari keuntungan saat ini, tetapi jika kita peka, selalu ada saja orang-orang ini di sekitar kita.  Semakin mereka tidak dikenal, semakin bahagia mereka untuk membantu kita.

Jadi tiap bulan, kita bisa mencicil tanpa harus dibayang-bayangi rasa takut akan gagal bayar dan penyitaan rumah yang kita agunkan dari bank. Yang dibutuhkan adalah integritas kita untuk melunasi hutang-hutang kita, tanpa bunga.  Semoga ibu bisa cepat melunasi utang ibu dan tidak boleh melebihi angka 30% dari penghasilan, syukur-syukur bisa NOL serta mendapatkan rumah idaman.

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement