Selasa 30 Jul 2013 12:08 WIB

Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah/ilustrasi
Foto: makeupandbeauty.com
Bibir kering dan pecah-pecah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kulit bibir saya sering pecah & kering, mungkin sariawan atau panas dalam. Sampai terbentuk di bibir saya titik-titik hitam menyerupai tahi lalat. Padahal saya perhatikan dari dulu tidak sebanyak sekarang. Mohon saran dan tipsnya. Terima kasih untuk solusi yang diberikan. 

Diah (32 tahun)

 

Jawaban:

Dear Ibu Diah, sebetulnya penyebab bibir pecah banyak pemicunya, mulai dari kekurangan vitamin C, maupun kurang vitamin B, bahkan kekurangan cairan ataupun minum. Dapat juga disebabkan oleh karena alergi pasta gigi, maupun alergi lipstik.

Hal ini dapat pula menjadi akibat dari kebiasaan merokok, ataupun kebiasaan membasahi bibir dengan lidah. Atau menjadi indikasi terdapatnya gangguan pencernaan. Oleh karena itu memang harus ditentukan terlebih dahulu penyebab utama yang dominan.

Sedangkan untuk titik hitam yang diceritakan, perlu dilakukan observasi lebih jauh apakah itu terkait dengan keluhan bibir pecah dan kering atau kelainan tersendiri. Saran yang dapat dilakukan: cukupi asupan air putih, banyak makan yang mengandung serat, tambahkan asupan vitamin C dan B, hindari produk kosmetik ataupun makanan yang dicurigai menyebabkan alergi, gunakan vaselin untuk melembabkan bibir.

Bila kemudian tidak terjadi perubahan, sebaiknya mendatangi spesialis kulit untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi yang dialami. Terima kasih, salam sehat. (AP)

 

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kulit & Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement