Senin 29 Jul 2013 10:58 WIB

Sering Mengalami Vertigo

Sakit Kepala (Vertigo)
Foto: IST
Sakit Kepala (Vertigo)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, ketika saya berkonsentrasi untuk bekerja, misalkan mengetik, tiba-tiba saja saya merasa dunia di sekeliling saya seperti bergerak dan bergoyang? Apa bisa diobati? Saya tidak merokok, drugs,maupun minum miras.

Leo (27 tahun)

Jakarta

 

Jawaban:

Untuk mas Leo terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Kondisi dimana terjadi sensasi berputar disertai dengan pusing serta kesulitan dalam berdiri tegak hal itu dinamakan vertigo. Dalam hal ini perlu diketahui sebab vertigo yang terjadi, apakah karena ketidakseimbangan dan gangguan pada fungsi pendengaran maupun apakah bersumber dari kendala gangguan saraf.

Mungkin perlu diperbaiki beberapa sikap dalam beraktifitas sehingga vertigo tidak datang dan mengganggu kegiatan mas Leo, seperti: Hindari posisi mendongakkan kepala. Selain itu hindari pula makan karbohidrat terlalu banyak.

Makan berlebihan, tertimbun dalam tubuh sehingga tidak keluar melalui energi. Hal ini menyebabkan kolesterol tinggi atau tingginya gula darah. Di samping hal tersebut, lakukan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan dan minuman mengandung alkohol, kafein, dan juga makanan berminyak..

Dalam hal ini, pemicu vertigo dapat pula disebabkan oleh karena alergi, dimana kondisi alergi menyebabkan terkumpulnya cairan dalam telinga dalam dan dapat berakibat pada problem pendengaran dan keseimbangan.

Terakhir yang perlu diketahui adalah menghindari makanan yang dapat merangsang terjadinya alergi, agar terhindar dari serangan vertigo. Atur pola konsumsi dengan bijaksana, terlebih bila memiliki jenis alergi makanan tertentu. Bila kemudian kondisi yang terjadi tidak kunjung pulih, maka berkonsultasi dengan dokter Anda untuk dapat melakukan eksplorasi terkait dengan kondisi vertigo yang telah dialami, sehingga bisa dilakukan diagnosa dan penanganan medik yang sesuai. Salam. (SB)

 

dr Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement