Rabu 03 Jul 2013 12:20 WIB

Apakah Sinusitis Bisa Sembuh Total?

Lendir di antara kedua mata bisa memicu sinus/ilustrasi
Foto: finetouchdermatology.com
Lendir di antara kedua mata bisa memicu sinus/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok saya sudah divonis menderita sinusitis yang kata dokternya disebabkan karena adanya lendir di antara dua mata saya. Yang saya tanyakan, apakah sinusitis memang memiliki banyak macamnya, apakah sinusitis bisa sembuh total karena saya merasa pening jika sedang kambuh. Selain itu, bagaimana cara menyembuhkan sinusitis yang ampuh?

Iqbal (26 tahun)

 

Jawaban:

Halo mas Iqbal, salam sejahtera. Perlu diketahui, bahwa sinus merupakan rongga udara di daerah wajah yang terhubung dengan hidung. Terdapat empat set sinus hidung. Yakni:

Dua sinus frontalis di dahi (di atas mata)

Dua sinus maksilarisyang berada dimasing-masing tulang pipi.

Sinus ethmoid, sekelompok rongga dibalik jembatan hidung.

Sinus sphenoid, di belakang sinus ethmoid, dan di bawah otak.

Layaknya sidik jari, sinus pada setiap orang berbeda. Beberapa orang bahkan ada yang tidak memiliki sinus frontal atau hanya satu. Sinus berbentuk kecil, berambut seperti struktur yang disebut Silia yang membantu memindahkan lendir melintasi membran sinus dan menuju pintu keluar.

Semua rongga sinus Anda terhubung ke hidung untuk memungkinkan pertukaran bebas dari udara dan lendir. Infeksi atau alergi membuat jaringan sinus meradang, merah, dan bengkak. Itulah yang disebut Sinusitis. Peradangan pada sinus ini menyebabkan penimbunan lendir di rongga sinus dan menjadi media pertumbuhan bakteri.

Berikut beberapa gejala sinusitis yang dapat terjadi :

Nyeri dan merasa tertekan pada wajah

Nyeri tumpul berdenyut

Nyeri dahi atau sakit kepala.

Nyeri pipi dapat menjalar ke gigi di rahang atas.

Nyeri di antara mata, dibelakang mata, puncak kepala, atau sepanjang tengkuk.

Hidung tersumbat, Lendir, Batuk

Berkurang rangsang penciuman & pengecap

Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi tentu saja dapat disembuhkan sempurna dengan pengobatan yang sesuai, atau pun dengan jalan operasi bila tidak membaik dengan pengobatan yang adequate.

Namun bila dasar penyebabnya dikarenakan alergi hidung, memang sulit sembuh sempurna dan kecenderungan untuk berulang, walaupun sudah pernah dilakukan operasi pembersihan sinus. Karena alergi bukan penyakit melainkan kondisi dimana tubuh sensitif terhadap alergen (zat penyebab alergi, seperti: tungau, dingin, seafood, debu binatang dll).

Penting untuk anda berobat ke dokter THT lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sinusitis yang anda alami agar mendapatkan terapi yang tepat dan adequate, serta terhindar dari komplikasi. Demikian semoga jelas dengan penjelasannya. Salam.

 

dr. Selfiyanti B. Mkes.,SpTHT-KL

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement