Jumat 21 Jun 2013 12:36 WIB

Mimisan Terus-menerus, Mengapa Ya?

Mimisan (ilustrasi)
Foto: naturalremedies.org
Mimisan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya beberapa hari keluar darah dari hidung, karena memang panas menyengat dan aktivitas saya banyak di luar kantor. Kalau mimisan tidak berhenti kenapa ya dok? Terima kasih.

Taufik (28 tahun)

 

Jawaban:

Salam kenal Mas Taufik yang terhormat, perdarahan yang berasal dari lubang atau rongga hidung dikenal sebagai epistaksis. Dimana secara awam dikenal sebagai mimisan. Ini bukan penyakit melainkan gejala dari suatu kelainan.

Sekitar 90 persn dari kejadian epistaksis akan berhenti dengan sendirinya. Dimana 95 persennya disebabkan perdarahan dari bagian depan sekat hidung, yang sering terjadi pada usia anak-anak maupun dewasa. Beda pada orang tua usia 50-60 tahun biasanya sumber perdarahan berasal dari bagian belakang hidung. Sifatnya lebih masif dan sering disebabkan karena hipertensi.

Pada prinsipnya perdarahan diarea hidung terjadi karena lepasnya lapisan mukosa pada dinding hidung yang mengandung banyak pembuluh darah. Faktor penyebab terjadi Epistaksis dapat dikarenakan trauma benturan, infeksi, gangguan endokrin, perubahan tekanan luar, penyakit kardiovaskular maupun pengaruh konsumsi obat hingga dampak alkohol.

Bila frekwensi mimisannya sering dan berlangsung lama, sebaiknya segera periksakan diri ke spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik hidung dan pemeriksaan penunjang lain yang lebih detail, agar mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebabnya. Demikian mas Taufik, semoga dapat menjelaskan. Terima kasih, Salam sehat.

 

dr Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL, Mkes.

Spesialis THT di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement