Jumat 14 Jun 2013 12:09 WIB

Ingin Buka Usaha Bordir, Tapi...

Mukena dan Bordiran Pariaman
Mukena dan Bordiran Pariaman

REPUBLIKA.CO.ID, Saya berkeinginan untuk membuka usaha bordir, tetapi tidak mempunyai ilmu tentang bordir baik itu menjalankan mesinnya maupun men-setting gambar. Apakah saya perlu mempelajarinya dulu atau menggunakan jasa orang yang sudah bisa? Apakah berisiko menjalankan usaha tetapi kita tidak menguasai jenis usaha kita? Terima kasih.

Rida (31 tahun)

 

Jawaban:

Hi Mbak Rida yang bersemangat. Dalam dunia usaha yang terpenting adalah minat dan ketertarikan. Dengan demikian hal tersebut akan membawa kita untuk belajar lebih serius mengenai bisnis yang akan kita jalankan dan bagaimana mengembangkannya dalam skala ekonomi.

Pemahaman teknis terkait dengan bisnis adalah hal yang diperlukan, agar kita dapat membuat estimasi produksi dan penjualan serta bagaimana kita akan membawa usaha tersebut menjadi mampu membiayai dirinya sendiri dan memberikan keuntungan bagi kita sebagai investor.

Sehingga tidak ada salahnya belajar mengenai hal tersebut secara lebih fokus. Ingat bahwa bisnis bukan hanya bagaimana menghitung, namun juga dapat berkreasi dalam inovasi. Dan kemampuan tersebut dapat lebih dimiliki oleh pengalaman teknis yang bersifat langsung.

Meski memang dengan demikian, bahwa kemampuan manajemen adalah persoalan mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat untuk suatu tujuan adalah hal yang benar. Namun dengan pengetahuan aspek teknis dapat membuat kita memiliki kemampuan menjalankan fungsi evaluasi dan kontrol.

Tekuni apa yang anda minati dan perdalam hal tersebut sampai kemudian dapat dieskalasi menjadi sebuah bisnis yang layak. Nah belajar dari buku, ikut seminar usaha maupun terlibat diskusi dengan para pengusaha di bidang tersebut tentu menambah wawasan kita secara meluas.

Kini semuanya ada pada diri Anda kembali. Siapkah mulai dari apa yang Anda sukai? Karena itu modal dasar yang terpenting. Tetap semangat dan semoga sukses selalu usaha bordirnya ya. Salam Entrepreneur. (EK)

 

Ery Kasman, SE, Msi

Direktur Entrepreneur Institute Cinere

www.entre-institute.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement