Sabtu 01 Jun 2013 10:58 WIB

Penghasilan Terbatas tapi Banyak Ikut Arisan, Bagaimana Ya?

Hitung gaji
Foto: dcrevealed.com
Hitung gaji

REPUBLIKA.CO.ID, Saya baru menikah, awal tahun ini saya ikut suami ke Banjarmasin.  Karena baru pindah, kami mengontrak rumah.  Agar tidak dibilang kuper, saya ikut berbagai kegiatan di sana termasuk berbagai arisan. Padahal penghasilan suami terbatas. Bagaimana cara saya menyikapinya?

Mohon pencerahannya

Terima kasih.

Evi

Banjarmasin

 

Jawaban WF 19

Bila penghasilan suami terbatas, bagaimana cara menyikapinya?

Secara sederhana, uang arisan yang ibu ambil dari penghasilan suami, anggap saja ibu masukkan dalam kolom tabungan dan investasi.  Apakah besarnya 5 persen, 10 persen, atau 15 persen dari total pendapatan suami.  Setelah ketemu angkanya, ibu prioritaskan, mana arisan yang benar-benar ibu butuhkan, mana yang sekedar ajang kumpul-kumpul ngerumpi ibu-ibu atau life style.  Sesuaikan antara kebutuhan kita dan dana yang tersedia.

Pada berbagai arisan, tidak setiap anggota baru bisa langsung masuk di tengah-tengah arisan sudah berjalan, tetap ibu ikuti pertemuan arisannya, tanpa harus terlibat dalam mengumpulkan uang atau barangnnya.

Selain itu, ikuti tips ini:

1. Walaupun Anda bisa saja mendapatkan undian arisan pada saat-saat awal, tetapi jangan pernah ikut arisan hanya karena Anda termotivasi pada hadiahnya. Ini karena banyak orang yang ikut arisan dan hanya termotivasi untuk mendapatkan hadiah pada saat-saat awal. Hadiah uang misalnya. Kalau Anda mau pinjam uang, bukan dengan cara ikut arisan dan berharap bisa mendapatkannya di saat-saat awal. Ini karena undian arisan sifatnya tidak bisa dipastikan kapan Anda akan mendapatkannya. Kalau Anda mau pinjam uang, ada banyak tempat lain yang bisa Anda datangi. Bukan dengan ikut arisan 

2. Pastikan bahwa Anda memang sanggup membayar iuran arisan yang Anda ikuti. Jangan gara-gara hanya ingin bersosialisasi, lalu Anda memaksakan diri ikut arisan yang iurannya terlalu tinggi buat Anda. Bukan apa-apa, selain memberatkan keuangan, kalau beberapa bulan berikutnya Anda tidak sanggup bayar, bagaimana? Kasihan peserta lainnya, kan. 

3. Jangan pernah absen dari iuran arisan walaupun Anda sudah pernah mendapatkan undiannya. Kalau Anda terpaksa tidak bisa hadir dalam sebuah acara arisan, pastikan bahwa Anda tetap menyetor uang arisannya. Jangan mentang-mentang Anda sudah pernah mendapatkan arisan, lalu Anda enak saja "kabur". Bila hal ini terjadi, Anda tidak akan lagi dipercaya oleh lingkungan Anda. 

Selamat berarisan!

Hari ‘Soul’ Putra 
Financial Motivator

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement