Rabu 29 May 2013 13:12 WIB

Kena Asma di Usia Dewasa, Mungkinkah?

Penderita asma, ilustrasi
Foto: uihealthcare.org
Penderita asma, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering kali sulit bernapas dan sering sesak di dada. Sebelumnya tidak pernah mengalami riwayat asma, tapi apa mungkin di usia dewasa terkena asma ya dok? Lalu apa yang harus saya lakukan? 

Renold (32 tahun)

 

Jawaban:

Salam Pak Renold, semoga dalam keadaan sehat dan tidak sedang sesak napas ya. Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan, sesak napas/ sulit napas dapat disebabkan oleh berbagai keadaan/ kondisi/ penyakit yang dialami.

Jenis sesak mengarah kepada penyebab yang ada, misalnya sesak napas pada penyakit asma biasanya akan timbul serangan sesak jika ada pemicu atau aktivitas yang berlebihan. Biasanya penyakit asma tidak muncul mendadak, tapi ada riwayat sebelumnya, contoh adakah riwayat atopi dalam keluarga atau adakah riwayat asma waktu kecil, adakah riwayat merokok dll.

Selain itu, terkadang sesak napas bisa timbul karena emosi. Dalam hal ini, kondisi sesak nafas memang harus dipastikan dari faktor penyebab serta pemicu terjadinya. Asma pada usia dewasa adalah hal yang bisa saja terjadi bila terdapat beberapa kondisi diatas.

Jadi untuk mengetahui penyebab pastinya memang harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter, mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rontgen, periksa darah dll. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dipahami. (Zub)

 

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement