Jumat 24 May 2013 14:40 WIB

Selulit di Kaki dan Ketiak Bikin Bete

Selulit atau stretch mark tampak seperti ini.
Foto: talkdelhi.com
Selulit atau stretch mark tampak seperti ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya memiliki semacam selulit di lipatan kaki dan ketiak, bentuknya seperti timbul guratan di kulit yang menonjol meski samar dalam jumlah yang lumayan, sehingga saya tidak bebas untuk berpakaian. Ada nggak sih yang bisa jadi metode terbaik untuk mengatasi hal itu? Terima kasih.

 

Andar (26 tahun)

 

Jawaban:

Terimakasih pertanyaannya ibu Andar, terlebih dahulu dibedakan antara selulit dengan striae. Apabila kelainan berbentuk guratan sejajar berwarna putih itu disebut striae namun bila kulit menebal dan pori membesar disebut selulit, karena gangguan aliran kelenjar getah bening dibawah kulit.

Striae terbentuk akibat penumpukan jaringan ikat pada kulit akibat perubahan regangan kulit, biasanya pada ibu pasca melahirkan atau dari gemuk menjadi kurus. Metode untuk mengatasi dapat dilakukan dengan cara operatif yaitu mengangkat kulit striae dan ditutup kembali dengan kulit sekitarnya yang normal.

Hal ini dapat dilakukan bila tidak terlalu luas kelainannya. Dapat juga dengan non operatif yaitu pengelupasan kulit dengan laser maupun cairan di kombinasi dengan pelembab. Namun ada kemungkinan kurang maksimal dan perlu pengulangan dibandingan cara operatif.

Dalam kasus ibu, perlu dipastikan terlebih dulu kondisi yang dialami sehingga dapat ditentukan hal yang diperlukan untuk mengatasinya. Demikian, semoga dapat membantu ibu, terimakasih. (QH)

 

dr Qori Haly, SpBP-RE

Spesialis Bedah Plastik di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement