Selasa 21 May 2013 13:09 WIB

Jerawatan di Punggung dan Pundak, Bagaimana Ini?

Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya punya masalah dengan kulit saya, khususnya di bagian bahu dan pundak serta bagian belakang pada kulit punggung banyak jerawat kecil yang tidak hilang dan kalau dipencet keluar kotorannya kemudian berbekas. Saya jadi sulit pakai baju terbuka. Ini kenapa dan saya harus bagaimana ya dok? 

 

Annie (26 tahun)

 

Jawaban:

Salam untuk Mbak Annie, pasti tidak nyaman dengan kondisi begitu ya? Tapi harus tetap percaya diri. Nah dalam hal ini, penyebab terjadinya kondisi jerawat dibagian belakang tubuh bisa disebabkan oleh hal yang sama seperti kondisi jerawat pada wajah.

Dimana hal tersebut bisa dikarenakan masalah hormonal maupun karena penumpukan kotoran pada permukaan kulit bagian belakang tubuh. Untuk itu hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan kulit di area tersebut seperti mandi dengan sabun tidak hanya wangi namun memiliki antibakteria.

Selain itu, sebaiknya gunakan bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan berpori sehingga dapat mengatur kelembaban kulit dengan lebih baik. Karena penyebabnya sama dengan pemicu jerawat di wajah, maka pengobatannyapun relatif sama.

Diperlukan penggunaan bedak kocok yang mengandung sulfur tiap pagi dan malam. Disertai dengan, penggunaan sabun scrup dalam perioide seminggu 2x. Agar didapat hasil yang maksimal, bisa melakukan peeling salisil atau microdermabrasi setiap 2 minggu.

Saran lanjutan dalam hal ini adalah berkomunikasi serta berkonsultasi dengan dokter kulit anda untuk menentukan treatment yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan yang dialami. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Salam. (AP)

 

dr Agung Pranoto, SpKK

Spoesialis Kulit & Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement